Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Labaki desak MRP perjuangkan pemilihan kepala daerah oleh DPR
  • Jumat, 14 September 2018 — 21:43
  • 1311x views

Labaki desak MRP perjuangkan pemilihan kepala daerah oleh DPR

Kampung saja sangat luar biasa. Semua kepala desa jadi  tim sukses kepala daerah. Ketika terpilih lagi, kepala daerah ganti kepala desa yang tidak mendukung
Zakeus Entama. Jubi/Mawel
Benny Mawel
Editor : Syam Terrajana
LipSus
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP
Features |
Kamis, 13 September 2018 | 18:55 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi - Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Anak Bangsa Anti Korupsi Indonesia (Labaki) wilayah 2 Lapago, Zakeus Entama mendesak Majelis Rakyat Papua (MRP) memerjuangkan aspirasi rakyat yang mengharapkan pemilihan kepala daerah di Papua ke depan, dikembalikan ke DPR.

"Tensi politik sangat tinggi, saya dukung pemilihan kepala daerah oleh DPR," katanya kepada jurnalis Jubi di Abepura, kota Jayapura, Kamis (13/09/2018).

Kata dia,dukungan itu menyusul aksi sejumlah masyarakat ke lembaga kultural orang Papua itu pada 10 September 2018. Masyarakat mendesak lembaga kultural ini perjuangkan pengembalian pemilihan kepala daerah ke DPR.

Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib yang menerima demonstran kala itu, menyetujui aspirasi masyarakat. Karena, Papua belum bisa menerapkan pemilihan langsung oleh rakyat.

Apa lagi, dengan aturan yang berhak memilih hanya yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik.

Entama menambahkan, lembaga kultural ini harus serius merespon aspirasi itu, karena ongkos politik pemilihan langsung ini sangat besar.

"Mereka yang demo itu mungkin tinggal di Jayapura. Tetapi saya langsung alami dampaknya di Kabupaten Jayawijaya dan Mamberamo Tengah,"

Ia merincikan situasi perpecahan yang terjadi dalam keluarga, kampung dan daerah. Orang terkotak-kotak antara pendukung kandidat yang menang dan kalah.

Kata dia, orang-orang yang menang pemilihan memperoleh akses yang lebih mudah di semua segi bidang pembangunan. Sedangkan mereka yang kalah tidak mendapatkan akses, bahkan tidak menjadi bagian dari pelaksana pembangunan.

"Kampung saja sangat luar biasa. Semua kepala desa jadi  tim sukses kepala daerah. Ketika terpilih lagi, kepala daerah ganti kepala desa yang tidak mendukung,"tegasnya.

Kepala desa yang menang membawa sistem itu sampai ke masyarakat. Masyarakat yang tidak mendukung perjuangannya tidak mendapat jatah pembangunan desa.

"Kalau dana desa datang, tidak kasih ke yang tidak mendukung,"ungkapnya.

Kata dia, situasi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena ini,potensi politik yang tidak sehat dalam pembangunan dan masa depan demokrasi Papua.

"Orang akan bertarung hanya balas dendam bukan untuk membangun daerah,"ungkap dia.

Natalis Mabel, salah satu warga Jayawijaya mengatakan desakan itu hanya akan mengamankan kepentingan elit. Karena itu, perlu pertimbangan lebih. 

"Masyarakat kecil itu tidak pernah salah. Yang salah itu elit politik jadi yang perlu itu membangun kesadaran para elit sehingga berpolitik yang sehat, tidak korbankan rakyat,"ungkap dia di Abepura, kota Jayapura, Jumat (14/09/2018). 

Sebab menurutnya, pemilu langsung atau tidak, sama resikonya. Potensi memainkan suara rakyat akan terus terjadi. Rakyat sama sekali tidak akan pernah terlibat karena di parlemen itu kepentingan partai selalu dominan.(*)

 

 

 

 

 

loading...

Sebelumnya

MRP pertanyakan KPA soal penggunaan anggaran Rp9 M

Selanjutnya

Aparat gabungan tangkap 8 anggota KNPB Timika, dua diduga tertembak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe