Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Pembangunan jalan Jayapura-Wamena selesai Desember
  • Minggu, 16 September 2018 — 17:40
  • 864x views

Pembangunan jalan Jayapura-Wamena selesai Desember

Para kontraktor yang mengerjakan pembangunan jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena memastikan pengerjaan proyek tersebut selesai Desember 2018 dengan kondisi jalan padat tahan cuaca (japat).
Ilustrasi, salah satu ruas jalan Trans Papua – Jubi/Tempo.co
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Para kontraktor yang mengerjakan pembangunan jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena memastikan pengerjaan proyek tersebut selesai Desember 2018 dengan kondisi jalan padat tahan cuaca (japat).

Direktur PT. Paesa Pasindo Engineering, Panal Banjarnahor, di Jayapura, Minggu (16/9/2018), mengatakan pengerjaan jalan sepanjang 585 kilometer itu dipastikan selesai tepat waktu karena alat berat sudah dikerahkan untuk mendukung penggerjaannya.

Dari 585 kilometer, perusahaannya saat ini hanya mengerjakan sepanjang 12,5 kilometer yang sebagian besar berupa pengerjaan badan jalan karena di beberapa titik tidak lagi melintasi jalan yang lama disebabkan berbagai faktor.

Ada beberapa lokasi yang terpaksa harus dipindahkan guna memudahkan para pengendara saat melintasi ruas jalan tersebut.

Lokasi tersulit terdapat di Sta 7+100 sampai dengan 8+575 atau segmen 1 b yang menuju jembatan Kali Kill atau Kali Edan yang memiliki tingkat kecuraman mencapai sekitar 70 derajat.

Namun, kata Panal, secara keseluruhan tidak ada kendala dalam pengerjaannya kecuali masalah cuaca dan maraknya masyarakat yang melintas.

"Aktivitas masyarakat yang melintas cukup mengganggu karyawan yang sedang mengerjakan jalan karena terkadang harus menghentikan pekerjaannya bila ada kendaraan masyarakat mengalami gangguan, seperti mobilnya tertanam atau lainnya," kata Banjarnahor.

Dia mengatakan tingginya aktivitas pengguna jalan disebabkan dengan menggunakan kendaraan masyarakat dapat membawa aneka jenis barang dalam jumlah yang banyak dengan harga relatif murah dibanding menggunakan transportasi udara.

Namun akibat, kondisi jalan yang belum layak untuk dilewati karena masih dalam tahap pengerjaan, menyebabkan itu menjadi kendala di lapangan. Pihaknya berharap para pengemudi untuk sementara tidak lagi melayani rute ke Wamena, guna menghindari terjadinya kecelakaan, seperti lokasi sebelum kali Kill yang mempunyai tingkat kecuraman hingga 70 derajat

Hal senada juga dikatakan Marwan Virgana dari PT.Virgana Putra Perkasa. Dia memastikan Desember mendatang pengerjakan ruas jalan yang menjadi tanggung jawab perusahaannya selesai.

"Kami akan mengerjakan semaksimal mungkin sehingga jalan tersebut layak dilewati walaupun belum diaspal," kata Marwan, seraya berharap masyarakat sementara tidak melintas karena masih tahap penggerjaan dan beresiko.

Harga sewa kendaraan dari Jayapura ke Wamena sekitar Rp15 juta hingga Rp 20 juta dan ditempuh sekitar 17 jam perjalanan.

Jalan Trans Papua Jayapura-Wamena menghubungkan lima kabupaten dan kota yakni Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Yalimo, dan Kabupaten Jayawijaya.

Dari Wamena nantinya dapat terhubung ke kawasan pengunungan tengah termasuk Dekai (Kabupaten Yahukimo) dan Oksibil (Kabupaten Pegunungan Bintang) yang nantinya terhubung dengan Kabupaten Boven Digoel. (*)

loading...

Sebelumnya

Di Lanny Jaya, 20 ribu kiloliter BBM dicuri mafia BBM

Selanjutnya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe