Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Pesawat perintis harus dilengkapi alat pembaca radar
  • Minggu, 16 September 2018 — 18:55
  • 654x views

Pesawat perintis harus dilengkapi alat pembaca radar

Jadi harapannya airlines bisa bekerjasama untuk bisa memasang decoder atau alat bantu navigasi tersebut, untuk keselamatan bersama
Pesawat perintis saat mendarat di bandara Distrik Illu, Kabupaten Puncak Jaya – Jubi/Arjuna
Islami Adisubrata
Editor : Syam Terrajana
LipSus
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi – Airnav Indonesia atau lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan cabang Wamena berharap, setiap pesawat perintis atau berbadan kecil yang beroperasi, dapat dilengkapi dengan suatu alat pembaca radar.

General Manager Airnav kantor cabang Wamena, Antariksa Wisnu Widodo mengatakan, alat yang dimaksud ialah decoder dengan sistem Mode S untuk bisa dibaca di radar Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B).

Ia menjelaskan, ADS-B merupakan sebuah teknologi yang secara otomatis dapat mengirimkan dan atau menerima data dari pesawat udara, kendaraan Aerodrome dan objek lainnya, yang dapat mengidentifikasi posisi dan data lainnya sebagaimana yang diperlukan dalam mode pancaran melalui pengiriman data tersebut.

“Jadi harapannya airlines bisa bekerjasama untuk bisa memasang decoder atau alat bantu navigasi tersebut, untuk keselamatan bersama,” katanya kepada wartawan usai jalan santai dalam rangka memperingati Harhubnas dan HUT Airnav 2018 di halaman kantor Bandara Wamena, Sabtu (15/9/2018).

Menurutnya, alat ini jika di pesawat berbedan besar sudah dilengkapi dan bisa langsung terbaca oleh radar di Bandara Sentani, tetapi pesawat kecil saat ini masih belum.

“Jadi kami bisa mengetahui posisi pesawat di mana, kemudian posisi mendarat pesawat dimana dan berapa lama penerbangan, kata dia.

Ia katakan, bagi lapangan-lapangan terbang perintis yang kondisi pesawatnya hanya satu dua dalam satu hari, maka dibuat pelayanan Aerodrome Flight Information Service (AFIS), dimana semua tanggungjawab ada di pilot, dan control di tower Bandara hanya memberikan informasi traffic dan cuaca.

“Untuk saat ini kami sudah melakukan proses pelayanan melalui Traffic Information Broadcast by Aircraft (TIbA) atau informasi tentang lalu lintas penerbangan, jadi sesama pilot bilang saya masuk daerah sini cuaca kurang baik, saya di posisi dengan ketinggian sekian sehingga pesawat lain akan merespon,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, untuk mempermudah komunikasi antara pilot dan tower, maka kini Airnav juga telah melakukan perbaikan perluasan alat komunikasi di Habema.

“Jadi saat ini pesawat saat take off atau terbang dari Sentani sudah bisa langsung kontak di Wamena, sehingga pesawat lebih nyaman,” katanya.

Pelaksana Harian Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Klas I Wamena, Ferdy Halattu mengungkapkan, di wilayah kerja UPBU Klas I Wamena ada lima bandara atau lapter perintis yang dikelola pemerintah di pegunungan khususnya yang ada di wilayah Jayawijaya dan sekitarnya antara lain Bandara Tiom (Lanny Jaya), Bokondini (Tolikara), Karubaga (Tolikara), Elelim (Yalimo) dan Nop Goliat Dekai (Yahukimo).

“Yang terpenting ialah, bagaimana kita terus berupaya agar dalam keselamatan penerbangan tetap menjadi nomor satu, baik di Bandara Wamena sendiri dan penerbangan perintis lainya di pegunungan ini,” katanya. (*)
 

 

loading...

Sebelumnya

UPBU Wamena bertekad tingkatkan pelayanan bagi masyarakat

Selanjutnya

Sekda Jayawijaya minta Dishub lebih awasi Trans Papua Jayapura-Wamena

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe