close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kasus warga Polandia, Kapolda Papua: hukum harus ditegakkan
  • Kamis, 20 September 2018 — 20:51
  • 1070x views

Kasus warga Polandia, Kapolda Papua: hukum harus ditegakkan

Kementerian Luar Negeri Polandia juga mengatakan karena perlindungan data pribadi, mereka tidak bisa memberikan informasi terperinci kepada pihak ketiga.
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen. Pol. Martuani Sormi saat memberikan keterangan kepada wartawan. - Jubi/Roy Ratumakin
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen. Pol. Martuani Sormi mengatakan pihaknya tetap menahan warga Polandia atas nama Jakub Fabian Skrzypski, dan akan memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Hal ini dikatakan Kapolda Martuani Sormi kepada wartawan, Rabu (19/9/2018) di Jayapura. "Jadi saya mau tekankan bahwa jangan kita latihan lain main lain. Artinya apa yang sudah menjadi hukum di Indonesia harus ditegakkan," katanya.

Dikatakan, banyak juga masyarakat Indonesia di luar negeri sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik (tersangkut hukum), malah ada yang diabaikan.

"Siapa pun yang melakukan pelanggaran hukum di sini (Indonesia), akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Harus ditindak kalau memang dia salah dan terbukti perlakukan pelanggaran," ujarnya.

Kapolda Martuani mengatakan dirinya berani melakukan penahanan terhadap, karena menurutnya pihaknya sudah melakukan koordinasi Kejaksaan Tinggi (Kejati), karena kasus tersebut bisa menjadi berkas perkara.

"Saya pastikan bahwa dia bersalah. Kalau dia merasa tidak bersalah silakan gugat kami melalui praperadilan," katanya.

Disinggung apakah yang bersangkutan sudah didampingi oleh pengacara, Kapolda Martuani mengatakan pihaknya sudah melakukan pendampingan terhadap yang bersangkutan. "Kedubesnya saja tidak perduli terhadap yang bersangkutan. Makanya kami dampingi agar proses ini bisa berjalan dengan cepat," ujarnya.

Pemberitaan tabloidjubi.com sebelumnya menjelaskan Kementerian luar negeri Polandia, belum bisa memastikan apakah Jakub Fabian Skrzypski, berprofesi sebagai jurnalis atau bukan.

Menjawab pertanyaan Jubi untuk mengkonfirmasi status Jakub, biro pers Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan, sejauh ini informasi yang mereka miliki adalah warga negaranya tersebut ditahan atas tuduhan menghubungi kelompok separatis, bukan karena penyalahgunaan visa.

Kementerian Luar Negeri Polandia juga mengatakan karena perlindungan data pribadi, mereka tidak bisa memberikan informasi terperinci kepada pihak ketiga.

"Warga Polandia yang disebutkan di atas telah ditahan atas tuduhan menghubungi separatis. Saat ini, konsul Polandia sedang melakukan kontak dengan pihak berwenang Indonesia. Kami sedang menunggu informasi lebih lanjut, yang akan kami bagikan ketika informasi itu tiba,” jawab biro pers kementerian luar negeri Polandia melalui surat elektronik, Jumat (31/8/2018).

Jakub Fabian ditangkap kepolisian Indonesia pada hari Minggu ( 26/8/2018) di Wamena. Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba menduga, Jakub adalah seorang jurnalis asing yang hendak mewancarai transaksi penjualan senjata dan amunisi kepada kelompok bersenjata.

“Mungkin dia profesi sebagai jurnalis asing, dia akan membuat suatu pemberitaan tentang adanya kegiatan transaksi itu. Sekarang, semua pelaku sudah diserahkan ke Polda,” ujar Kapolres Reba.

Sementara Kepala Imigrasi Jayapura, Gatut Setiawan menduga, Jakub Fabian merupakan spionase (mata-mata) negara lain.

"Dugaan saya kuat ke arah sana. Namun belum tentu intelijen negaranya. Bisa saja dia intelijen bayaran negara lain," kata Gatut. (*)

loading...

Sebelumnya

Omaleng: Mimika 100 persen “bungkus” suara untuk Jokowi

Selanjutnya

Meky Nawipa-Oktovianus Gobay pimpin Paniai

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4949x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4333x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4080x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2536x views
Polhukam |— Selasa, 16 Oktober 2018 WP | 2482x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe