Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Bandara Sentani dan Merauke akan digunakan dalam penyelenggaraan APEC 2018
  • Jumat, 21 September 2018 — 04:51
  • 1092x views

Bandara Sentani dan Merauke akan digunakan dalam penyelenggaraan APEC 2018

Lanjut Dubes Manik, pemerintah PNG secara resmi sudah meminta bantuan Pemerintah Indonesia berkaitan dengan hal tersebut. Dan ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk membantu PNG dalam penyelenggaraan APEC.
Duta Besar Indonesia untuk PNG, Ronald JP. Manik berbincang dengan Gubernur Papua Lukas Enembe di Bandara Jacksonville, Port Moresby - Jubu/Victor M
Victor Mambor
Editor :
LipSus
Features |
Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:40 WP
Features |
Senin, 15 Oktober 2018 | 06:14 WP
Features |
Minggu, 14 Oktober 2018 | 21:06 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Port Moresby, Jubi - Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini (PNG), Ronald JP. Manik menyampaikan bahwa sebagian pesawat delegasi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) Summit akan diparkir di Sentani dan Merauke karena keterbatasan kapasitas parkir di Airport Jacksonville, Port Moresby. 

“APEC bulan November nanti kan banyak delegasi akan membawa pesawat sendiri. Baik yang ukuran besar maupun menengah. Nah, daya tamping airport di sini kan tidak memadai. Sehingga pemerintah PNG perlu meminta bantuan pada negara terdekat yang punya airport besar. Yang terdekat itu ya Indonesia dan Australia,” kata Dubes Manik di Port Moresby, Rabu (19/9/2018). 

Lanjut Dubes Manik, pemerintah PNG secara resmi sudah meminta bantuan Pemerintah Indonesia berkaitan dengan hal tersebut. Dan ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk membantu PNG dalam penyelenggaraan APEC.  

“Dari awal kita sudah mendukung PNG sebagai penyelenggara APEC,” kata Dubes. 

Airport besar terdekat dari PNG berada di Sentani, Merauke dan Townsville (Australia). Setelah pesawat delegasi APEC menurunkan penumpangnya, pesawat ini akan terbang ke salah satu airport dari tiga airport tersebut, selain Airport Jacksonville, untuk diparkir selama penyelenggaraan APEC. Setelah APEC selesai, pesawat tersebut akan kembali menjemput delegasi negaranya lalu terbang meninggalkan PNG. 

Setiap pesawat yang diparkir ini nantinya akan membayar biaya parkir seperti pesawat komersial lainnya.  

“Delegasi pemerintah PNG sudah berbicara langsung dengan kementerian perhubungan Indonesia. Secara prinsip sudah OK.  Tinggal finalisasi dan memastikan beberapa detail pelaksanaannya saja,” kata Dubes. 

Gubernur Papua, Lukas Enembe menyambut baik rencana pemerintah PNG ini. Menurutnya ini bisa menjadi awal yang baik untuk menindaklanjuti rencana pembukaan jalur penerbangan dari Jayapura ke Mount Hagen di PNG. 

“Kami di provinsi Papua siap membantu pelaksanaan kerjasama antara PNG dengan Indonesia ini,” kata Gubernur Enembe. 

APEC Summit akan diselenggarakan di Port Moresby pada tanggal 15-17 November 2018.  Sekitar 21 negara anggota APEC, termasuk Indonesia akan hadir. Presiden Rusia, Valdimir Putin telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam APEC Summit  2018 ini. 

“PNG berada di titik yang sangat strategis di dunia - dan di peta dunia. PNG dapat menarik perhatian Asia, Australia dan Selandia Baru untuk kepentingannya dan untuk kepentingan rakyatnya. Dan negara manapun dalam situasi yang sama akan melakukan hal yang sama, ”kata Justin Tkatchenko, Menteri APEC PNG. 

Para pejabat PNG yakin bahwa hampir dua ratus juta dolar yang dihabiskan pemerintah untuk menjadi tuan rumah APEC Summit akan kembali berkali-kali lipat dalam investasi berikutnya. 

Australia membantu PNG dalam penyelenggaraan APEC Summit ini melalui bantuan-dalam bentuk – tenaga admin, keamanan dan pelatihan - Australia membayar sekitar sepertiga dari total biaya APEC Summit di PNG ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Menteri PPPA: Papua nomor satu, kekerasan fisik terhadap perempuan

Selanjutnya

Papua dan NCD PNG sepakati eksebisi sepakbola dan rugby

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4817x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4208x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 3842x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3424x views
Polhukam |— Sabtu, 06 Oktober 2018 WP | 3299x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe