close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Presiden Tiongkok janji dukung perkembangan ekonomi Samoa
  • Jumat, 21 September 2018 — 05:33
  • 838x views

Presiden Tiongkok janji dukung perkembangan ekonomi Samoa

Perdana Menteri Samoa berkunjung ke Tiongkok untuk menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF), yang kerap disebut Summer Davos Forum di kota Tianjin di pesisir Tiongkok.
Presiden Tiongkok, Xi Jinping, bertemu Perdana Menteri Samoa Tuilaepa Sailele Malielegaoi di Gedung Balai Agung Rakyat Tiongkok. - Samoa Observer/ Xinhua
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Beijing, Jubi - Presiden Tiongkok, Xi Jinping, bertemu Perdana Menteri Samoa Tuilaepa Sailele Malielegaoi di Beijing, pada Selasa lalu (18/9/2018), dan berjanji akan meningkatkan dukungan negaranya, untuk mendorong negara perkembangan ekonomi negara di Pasifik itu.

Saat pertemuan yang diadakan di Gedung Balai Agung Rakyat Tiongkok, Presiden Xi mengungkapkan penghargaannya atas kontribusi Tuilaepa, dalam memajukan hubungan antar-Tiongkok dan Samoa.

Perdana Menteri Samoa berkunjung ke Tiongkok untuk menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF), yang kerap disebut Summer Davos Forum di kota Tianjin di pesisir Tiongkok.

“Samoa adalah salah satu negara pertama di Kepulauan Pasifik, yang mulai menjalin hubungan diplomatik dengan kami,” kata Xi, menekankan bahwa Tiongkok menghargai persahabatan yang alot dengan Samoa, dan menghargai pendirian negara itu serta kesetiaannya terhadap Kebijakan Satu Tiongkok.

“China akan terus mendukung upaya Samoa dalam mengembangkan ekonomi, dan meningkatkan kehidupan serta kesejahteraan rakyatnya, juga upaya untuk melindungi kepentingan Samoa dan negara-negara kepulauan Pasifik lainnya, dalam hal urusan internasional dan regional,” kata Presiden Xi.

Xi mengatakan Tiongkok siap menyambut kesempatan untuk bekerja sama, dalam memperluas Inisiatif Satu Sabuk dan Satu Jalan (OBOR) dan kerja samanya dengan Samoa.

Pihak Tiongkok menerangkan bahwa mereka paham akan kekhawatiran Samoa dan negara-negara Kepulauan Pasifik lainnya, mengenai masalah perubahan iklim, dan akan bekerja sama dengan Samoa dan komunitas internasional, untuk secara proaktif mendorong proses global dalam mengatasi persoalan itu.

Memuji hubungan saling percaya dan persahabatan di antara mereka berdasarkan prinsip Satu Tiongkok selama 43 tahun terakhir sejak membina hubungan diplomatik, Perdana Menteri Tuilaepa mengatakan, Samoa menghargai hubungan kerja samanya dengan Tiongkok dan bersedia untuk memperkokoh hubungan people to people contact, serta kerja sama dalam bidang perdagangan, investasi, dan, pariwisata dengan Tiongkok dalam kerangka kerja Sabuk dan Jalan.

Samoa juga menegaskan mereka sangat menghargai peran penting Tiongkok, dalam memerangi perubahan iklim dan akan meningkatkan kerja sama, dalam berbagai urusan multilateral lainnya, kata PM Tuilaepa. (Samoa Observer)

loading...

Sebelumnya

PM Vanuatu: politik di Pasifik tidak stabil

Selanjutnya

Rusia dan Thailand ingin perkuat hubungan dengan PNG

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4955x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4353x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4132x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2555x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe