close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Gubernur Papua kunjungi MRDC PNG
  • Jumat, 21 September 2018 — 14:43
  • 1055x views

Gubernur Papua kunjungi MRDC PNG

“Salah satunya adalah Hotel Hilton yang baru dibangun di Port Moresby. Itu dibangun dengan dana milik masyarakat pemilik tanah dimana tambang Ok Tedi berada. Jadi pemegang saham hotel Hilton atau pemiliknya adalah masyarakat,” kata Tagone.
General Manager MRDC, Imbi Tagone menjelaskan peran MRDC kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe di Kantor MRDC, Port Moresby - Jubi/Victor Mambor
Victor Mambor
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Gubernur Papua, Lukas Enembe berkunjung ke Mineral Resources Development Company (MRDC) Limited Papua Nugini di Port Moresby dalam rangkaian kunjungan kerjanya di ibukota PNG tersebut, Kamis (20/9/2018).

“Kami berkunjung ke sini untuk mengetahui bagaimana PNG mengelola dana milik masyarakat dan pemerintah yang bersumber dari perusahaan mineral di negara  ini,” kata Gubernur Enembe.

MRDC atau Perusahaan Penngembangan Sumberdaya Mineral adalah perusahaan pengelola uang milik masyarakat adat pemilik tanah dimana tambang-tambang mineral beroperasi di PNG. Diantara perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Lihir Gold Limited, Oil Search, Ok Tedi Mining Limited, Petromin PNG Holdings Limited, PNG Chamber of Mines and Petroleum, PNG LNG Project, Porgera Joint Venture dan Ramu Nickel. Selain perusahaan-perusahaan tersebut, beberapa kantor pemerintah seperti Department of Petroleum and Energy Mineral Resources Authority juga pemegang saham MRDC.

Imbi Tagone, General Manager MRDC yang menyambut Gubernur Enembe menjelaskan bahwa pemegang saham di MRDC adalah Perdana Menteri PNG dan masyarakat adat. Uang milik pemerintah dan masyarakat adat ini dikelola oleh MRDC dalam bentuk investasi.

“Salah satunya adalah Hotel Hilton yang baru dibangun di Port Moresby. Itu dibangun dengan dana milik masyarakat pemilik tanah dimana tambang Ok Tedi berada. Jadi pemegang saham hotel Hilton atau pemiliknya adalah masyarakat,” kata Tagone.

Tagone menambahkan, MRDC sudah berdiri sejak tahun 1975, tak lama setelah Papua Nugini merdeka. MRDC dimiliki sepenuhnya oleh negara yang didirikan di bawah Undang-Undang Perusahaan dan pada awalnya ditunjuk sebagai agen negara untuk memperoleh kepentingan ekuitas negara dan pemilik tanah dalam proyek pertambangan dan minyak bumi di PNG.

Selain menginvestasikan dana pemerintah dan masyarakat pemilik tanah, MRDC juga menggunakan keuntungan dari investasi dana tersebut untuk mendukung klub-klub olahraga di PNG.

Misalnya, baru-baru ini MRDC memberikan bantuan sebesar K30.000 untuk kompetisi rugby Super Nines pra-musim.

Gubernur Papua, Lukas Enembe usai berkunjung ke MRDC mengatakan bahwa para Bupati di Provinsi Papua yang wilayahnya memiliki pertambangan mineral bisa mencontoh cara pengelolaan dana seperti yang dilakukan di MRDC.

“Ini agar masyarakat pemilik tanah dimana perusahaan tambang beroperasi bisa benar-benar mendapatkan manfaat dan keuntungan dari sumberdaya yang mereka miliki,” kata Enembe. (*)

loading...

Sebelumnya

Papua dan NCD PNG sepakati eksebisi sepakbola dan rugby

Selanjutnya

Percepat rute Jayapura – Mount Hagen, Gubernur Papua bertemu manajemen PNG Air

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4949x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4333x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4080x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2536x views
Polhukam |— Selasa, 16 Oktober 2018 WP | 2482x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe