close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Perekaman e-KTP di Lapago dan Meepago diklaim di atas 10 persen
  • Jumat, 21 September 2018 — 15:23
  • 1033x views

Perekaman e-KTP di Lapago dan Meepago diklaim di atas 10 persen

Kami prediksi capaian perekaman di Papua bisa tembus 50 atau 60 persen dalam dua bulan ke depan
Masyarakat di wilayah meepago saat mengantri untuk melakukan perekaman e-KTP - Jubi/Alex
Alexander Loen
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi
 

Jayapura, Jubi - Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Papua mengklaim, perekaman e-KTP di wilayah Lapago dan Meepago mengalami progres yang cukup signifikan, yakni diatas 10 persen di waktu satu bulan.

Kepala Disdukcapil Papua, Ribka Haluk mengatakan peningkatan terjadi karena adanya kerjasama antara pusat, provinsi, kabupaten dan kota di Papua, dengan menurunkan tim yang dilengkapi dengan fasilitas memadai.

"Kami sudah meminta Dirjen Dukcapil untuk mediasi dan memfasilitasi peralatan, dengan tenaga teknis cukup banyak, stand by di Jayawijaya untuk melayani Jayawijaya dan juga beberapa kabupaten di pegunungan. Target kami 4 ribu perekaman (40 persen) sehingga tersisa 60 persen lagi yang harus dikejar," kata Haluk kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (21/9/2018).

Menurutnya, jika tidak ada suatu kekuatan yang dibangun antara pusat, provinsi, kabupaten dan kota tentu perekaman e-KTP di Papua akan sulit. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dan berkomitmen dalam dua bulan sisa peningkatan akan terjadi terus menerus.

"Kami prediksi capaian perekaman di Papua bisa tembus 50 atau 60 persen dalam dua bulan ke depan," ujarnya.

Menurut ia, target nasional memang 3 juta perekaman, tapi melihat kondisi di lapangan sangatlah tidak mungkin. Ini disebabkan banyaknya data ganda (anomali), seperti terjadi di Kabupaten Paniai ada orang tua yang umurnya sama dengan anaknya, bahkan ada satu ibu dengan 24 anak.

"Jadi data-data ini yang kami akan bersihkan dulu, sehingga kemungkinan besar tidak akan mencapai 100 persen perekaman. Jadi kami target perekaman mencapai 60 persen, tapi ini baru berdasarkan data di wilayah pegunungan, belum ditambah dengan pesisir," katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini dukungan dari Dirjen Dukcapil untuk Papua sangat besar, dengan harapan perekaman e-KTP di Papua bisa terselesaikan sesuai target.

"Jadi meskipun kabupaten/kota melakukan perekaman, tapi ada juga team work yang didukung dengan peralatan canggih, dengan begitu KTP bisa langsung di cetak tanpa perlu menunggu jaringan. Apalagi jaringan menjadi masalah utama bagi Papua," ujarnya.

"Jadi tim dari pusat akan silih berganti datang ke daerah pegunungan untuk perekaman, saat ini tim besar dengan jumlah 15 orang sedang stay di Jayawijaya sampai besok untuk melakukan perekaman, setelah itu akan ada tim lain lagi," sambungnya.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, Zudan Arif Fakruloh meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di seluruh Papua lebih aktif dalam melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya sampai saat presentase masih sangat rendah, padahal dilakukan sejak 2011."Kami sarankan  jemput bola mendatangi distrik-distrik, kampung-kampung, gereja, sekolah dan masjid untuk melakukan perekaman,” kata Zudan. (*)

loading...

Sebelumnya

Sekda Papua : RPJMD Papua 2018-2023 harus terintegrasi

Selanjutnya

PPID di Papua dinilai belum bekerja maksimal

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4949x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4333x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4078x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2536x views
Polhukam |— Selasa, 16 Oktober 2018 WP | 2482x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe