close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kodam Cenderawasih: PN Jayapura ingkar janji pemberantasan minol
  • Minggu, 23 September 2018 — 21:32
  • 1872x views

Kodam Cenderawasih: PN Jayapura ingkar janji pemberantasan minol

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII Cenderawasih, Kolonel Inf M. Aidi, mengatakan Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Jayapura, salah satu pihak yang ikut menandatangani pakta integritas, 30 Maret 2016 lalu, terkait pemberantasan minuman beralkohol (minol) di Papua, namun justru ingkar janji. 
Ilustrasi Kodam XVII Cenderawasih – Jubi/kodam17-cenderawasih.blogspot.com 
Arjuna Pademme
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII Cenderawasih, Kolonel Inf M. Aidi, mengatakan Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Jayapura, salah satu pihak yang ikut menandatangani pakta integritas, 30 Maret 2016 lalu, terkait pemberantasan minuman beralkohol (minol) di Papua, namun justru ingkar janji. 

Hal itu dikatakan Kolonel Inf M. Aidi saat dihubungi Jubi via teleponnya, Minggu (23/9/2018) malam, terkait dimenangkannya gugatan PT Sumber Mas Jaya Papua (PT SMJP) oleh PN Jayapura. 

PT SMJP milik Willem Frans Ansanay menggugat Pomdam XVII Cenderawasih dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat lantaran mengamankan 1.200 kardus atau 9.700 liter minol berbagai jenis milik penggugat yang dikirim dari Jakarta, di Pelabuhan Jayapura, 21 Juni 2018.

"Apa yang mereka (PN Jayapura) tandatangani ketika itu sebagai wujud janji dan komitmen, ternyata tidak mampu mereka pegang dan terapkan," kata M. Aidi.

Menurutnya, pihak Kodam Cenderawasih yang berupaya mencegah peredaran minol di Papua justru menjadi pesakitan, karena dianggap melanggar hukum. Sedangkan pedagang minol justru bebas dari tuntutan hukum.

"Pomdam justru dianggap melanggar HAM, sedangkan pengedar minol yang perbuatannya dapat merusak kehidupan ribuan warga Papua tidak dianggap melanggar HAM," ujarnya.

Katanya, sikap Pomdam Cenderawasih menahan ribuan botol minol berbagai jenis milik penggugat beberapa bulan lalu, berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) Papua nomor 15 tahun 2013 tentang pelarangan peredaran minol di Papua dan pakta integritas yang ditandangani Gubernur Papua, para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan bupati (wali kota) di Papua, tahun lalu.

Ia mengatakan aturan dan pakta integritas yang ditandatangani ketika itu seakan hanya sensasi kepada publik jika pemerintah peduli terhadap pemberantasan minol di Papua. 

Kepala Bidang Humas Pengadilan Negeri Kelas I A Jayapura, Syarifudin, mengatakan dalam sidang putusan di PN Klas 1A Jayapura, Jumat (21/9/2018), majelis hakim mengabulkan sebagian tuntutan yang diajukan pemohon melalui kuasa hukumnya, Anthonius Diance.

Menurutnya, majelis hakim menilai pengeledahan dan penyitaan barang yang dilakukan Pomda Cenderawasih adalah melawan hukum, sewenang-wenang, dan melangar HAM.

Majelis hakim memerintah kepada Pomdam Cenderawasih dan Satpol PP selaku termohon, mengembalikan barang milik pemohon yang ditahan termohon.

"Namun hakim juga menolak beberapa permohonan  pemohon di antaranya minta termohon membayar kerugian senilai Rp 1,463 miliar lebih," kata Syarifudin, pekan lalu. (*) 

loading...

Sebelumnya

Yahukimo, pintu masuk penambang emas ke Pegunungan Bintang

Selanjutnya

Diduga ada pungli dalam pendaftaran calon Ketua KNPI Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4949x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4333x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4079x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2536x views
Polhukam |— Selasa, 16 Oktober 2018 WP | 2482x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe