Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Tahun depan, Papua siap terapkan e-samsat
  • Jumat, 25 November 2016 — 08:04
  • 1048x views

Tahun depan, Papua siap terapkan e-samsat

"Nantinya setelah sosialisasi dan persiapan perangkat aplikasi e-Samsat sudah sudah dilaksanakan di Kabupaten dan Kota, terutama di 17 Samsat yang dimiliki oleh Papua, maka tahap demi tahap semua Samsat sudah bisa melaksanakan aplikasi ini," ucapnya.
Suasana Workshops aplikasi SKP Online yang dilaksanakan oleh KPK bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Hotel Premier La Grnde Hotel, Bandung - Istimewa
Alexander Loen
Editor : Kyoshi Rasiey

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Bandung, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pendapatan Daerah mengaku siap menerapkan pembayaran pajak kendaraan dengan menggunakan sistem aplikasi e-Samsat. Dimana program yang akan diberlakukan ini, diadopsi dari Pemerintah Provinsi  Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Papua, Ridwan Rumasukun mengatakan e-Samsat yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa barat sebenarnya sudah bisa dilaksanakan di Papua, mengingat Papua memiliki kemampuan baik fasilitas maupun SDM, bahkan dirinya merencanakan akan menerapkannya pada Maret 2017.

"E-Samsat akan mempermudah wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor tanpa kontak langsung dengan petugas Samsat, cukup menggunakan mesin ATM, sehingga praktik percaloan dan pungli dapat dihindari," kata Ridwan melalui rilis pers kepada Jubi, di Jayapura, Kamis (24/11/2016).

Menurutnya, untuk lancar dan suksesnya penerapan e-Samsat di Papua, maka Dispenda telah bekerja sama dengan Bank Papua,  Dir Lantas Polda Papua, dan Jasa Raharja, dengan rencana aksi sementara di Samsat Jayapura dulu.

"Nantinya setelah sosialisasi dan persiapan perangkat aplikasi e-Samsat sudah sudah dilaksanakan di Kabupaten dan Kota, terutama di 17 Samsat yang dimiliki oleh Papua, maka tahap demi tahap semua Samsat sudah bisa melaksanakan aplikasi ini," ucapnya.

"Nantinya pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan, wajib pajak hanya menggunakan mesin ATM Bank Papua, sehingga sangat membantu masyarakat atau wajib pajak dari sisi efisien waktu dan tenaga, fleksibel," tambahnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua, Kansiana Salle mengatakan sebenarnya dari segi jaringan internet pihaknya sudah siap mendukung penerapan aplikasi yang akan dimanfaatkan oleh SKPD di Provinsi Papua, baik aplikasi yang diadopsi dari Kota Surabaya, beberapa waktu lalu, maupun aplikasi yang baru dipelajari beberapa hari kemarin dari dari Provinsi Jawa Barat, dalam rangka mendukung pemerintahan yang bersih.

Sebab lanjutnya, Dikominfo sudah bekerja sama PT. Telkom dengan memanfaatkan fiber optik. "Jadi selama ini jaringan internet kita gunakan ada dua, baik yang menggunakan basis internet melalui Medro atau jaringan fiber  maupun intranet radio warles yang dikembangkan serta sudah dimanfaatkan oleh SKPD di Provinsi Papua," kata Kansiana.

Menurut ia, jika persoalan fasilitas internet di kabupaten dan kota di Papua, memang menjadi salah satu kendala, dalam mendukung sejumlah aplikasi, sebab selama ini memang akses internet yang bagus, masih di beberapa kabupaten yang dilalui oleh kabel fiber Optik Telkom, misalnya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Mimika, Biak Numfor dan merauke.

"Kami harapkan kabupaten ini pro aktif, sehingga bisa mengakses aplikasi ini, dengan harapan sampai dengan 2019, sesuai program pusat palapa ring paket c, maka semua kabupaten sudah bisa mengakses internet baik di wilayah pegunungan maupun Pesisir," tutupnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemprov Papua akan terapkan SKP elektronik

Selanjutnya

Gubernur belum terima laporan penyerapan anggaran

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe