close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Festival Makan Papeda kembali digelar di Kampung Abar
  • Minggu, 30 September 2018 — 22:47
  • 868x views

Festival Makan Papeda kembali digelar di Kampung Abar

Keunikan dalam festival ini adalah semua papeda dan ikan yang disediakan, semua disajikan menggunakan gerabah atau masyarakat setempat menyebutnya hote atau sempe. Papeda beserta makanan pelengkapnya bisa dinikmati pengunjung secara gratis.
Masyarakat sedang menikmati papeda pada Festival Makan Papeda di Kampung Abar Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura, Minggu (30/9/2018) - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Festival Makan Papeda tahun 2018 dilaksanakan di Kampung Abar Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura, Minggu (30/9/2018). Ini adalah perhelatan kedua setelah tahun lalu juga pernah digelar festival yang sama.

Keunikan dalam festival ini adalah semua papeda dan ikan yang disediakan, semua disajikan menggunakan gerabah atau masyarakat setempat menyebutnya hote atau sempe. Papeda beserta makanan pelengkapnya bisa dinikmati pengunjung secara gratis.

Pegiat sagu di Kabupaten Jayapura, Marshall Suebu, mengatakan kegiatan festival ini sangat unik dengan keberadaannya.

“Festival Makan Papeda, yang menyediakan papeda beserta makanan pelengkapnya secara gratis ini sangat unik karena memang Kampung Abar adalah salah satu kampung penyedia gerabah di pesisir Danau Sentani, dan mungkin juga untuk Kabupaten Jayapura,” ujar Suebu, saat ditemui di Kampung Abar, disela-sela acara.

Dikatakan, dari kegiatan ini pihaknya sedang berupaya mendorong terlaksananya Festival Sagu Dunia dan peringatan Hari Sagu Dunia serta Seminar dan Simposium Sagu Nasional, yang akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang di Kabupaten Jayapura.

“Kampung Abar juga akan menjadi satu kampung tujuan field trip Festival Sagu Dunia. Oleh sebab itu, Festival Makan Papeda ini akan terus dilaksanakan, tidak hanya Kampung Abar, tetapi akan diikuti oleh 23 kampung lainnya di pesisir Danau Sentani,” katanya.

Pegiat sagu lainnya, Charles Toto, mengatakan Festival Makan Papeda sudah menjadi agenda tahunan bagi warga Kampung Abar. Kegiatan ini tidak hanya sebatas pesta dan hura-hura tetapi juga mengajak semua masyarakat di dalam satu keakraban untuk makan bersama-sama.

“Tahun lalu memang agak sedikit jumlahnya dibandingkan saat ini. Ada 100-200 sempe yang disiapakan untuk masak papeda dan dihidangkan bagi setiap tamu yang berkunjung dalam festival ini. Kami berharap ke depan jumlahnya akan meningkat dan tentu harus ada dukungan dari pemerintah daerah,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Sebanyak 55 siswa SMK Penerbangan magang di sejumlah maskapai

Selanjutnya

Festival Makan Papeda akan digelar di semua kampung

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4954x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4352x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4131x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2555x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe