Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Mamta
  3. BI Papua gelar pelatihan fotografi untuk wartawan
  • Sabtu, 26 November 2016 — 07:49
  • 536x views

BI Papua gelar pelatihan fotografi untuk wartawan

"Gambar berita itu sudah jadi sebelum dicetak, jadi kita planning semuanya terlebih dahulu, kualitas dan gambar yang terbaik yang menjadi pilihan," katanya
Pelatihan fotografi jurnalistik yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia perwakilan Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura - Jubi/Sindung Sukoco
Sindung Sukoco
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua mengadakan acara pelatihan fotografi jurnalistik untuk wartawan sejumlah media cetak dan online di salah satu hotel di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat-Sabtu ( 24-25/11/2016).

Kegiatan hari pertama hunting foto ke klaster perikanan darat di Danau Sentani dan objek wisata Kali Biru. Hari kedua evaluasi dan materi dari Arbain Rambey, jurnalis dan fotografer senior Harian Kompas.

Di hadapan 17 peserta Arbain Rambey mengemukakan perlu ada planning atau perencanaan dalam suatu foto berita.

"Gambar berita itu sudah jadi sebelum dicetak, jadi kita planning semuanya terlebih dahulu, kualitas dan gambar yang terbaik yang menjadi pilihan," katanya.

Arbain menerangkan, sebuah foto harus memenuhi unsur teknis, posisi, komposisi, dan momentum.

"Foto intinya apa yang diambil, nggak perlu dipikirkan teknis di kamera, jangan malu memakai otomatis, setelah itu kita hanya butuh fokus di posisi, komposisi, dan momentum," ujar Arbain.

Arbain juga meminta jurnalis agar sebelum hunting harus membuat persiapan yang matang tak hanya alat memotret, juga dipikirkan agar gambar yang diambil bagus.Karena itu sebelum memotret sudah harus direncanakan.

"Ketika berangkat dengan pikiran kosong maka pulang juga dengan tangan kosong," lanjutnya.

Tak hanya itu, Arbain menegaskan tak perlu menggunakan kamera mahal, sebab kamera handphone sekarang banyak yang bisa digunakan jika momentum dan posisi tepat.

"Ditekankan adalah planing, bukan masalah skill, momentum dan posisi juga menentukan," ujarnya.

Manager Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Papua Yon Widiono mengatakan, pelatihan bertujuan menyegarkan kemampuan wartawan. (*)

loading...

Sebelumnya

Mathius Awoitaw dan BTM terima penghargaan dari PGRI

Selanjutnya

Dishub Kota Jayapura programkan 10 unit BRT Trans Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe