Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Advertorial
  3. Masyarakat Bokondini bungkus suara untuk pasangan "Manis"
  • Sabtu, 26 November 2016 — 07:50
  • 1207x views

Masyarakat Bokondini bungkus suara untuk pasangan "Manis"

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua dari Partai Demokrat yang merupakan putra asli Bokondini dan ditunjuk sebagai salah satu juru kampanye, Orwan Tolli Wone mengatakan, dukungan masyarakat itu tak lepas dari perhatian Usman G Wanimbo semasa menjabat sebagai Bupati Tolikara.
Wakil Ketua Komisi I DPR Papua Orwan Tolli Wone ketika menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye pasangan "MANIS" di wilayah IV yang dipusatkan di Distrik Bokondini, Tolikara, Papua, Kamis (24/11/2016) - Jubi/Arjuna
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Masyarakat Distrik Bokondini dan beberapa distrik di wilayah IV, Kabupaten Tolikara, Papua diantaranya  Distrik Bewani, Bokonegeri, Komboneri, Kai, Wunin, Denime komitmen bungkus tutup suara atau memberikan suara mereka untuk pasangan calon Bupati petahana, Usman Genongga Wanimbo-Dinus Wanimbo (MANIS) pada Pilkada serentak, 15 Februari 2017 mendatang. 

Komitmen itu disampaikan para kepala suku, tokoh adat, tokoh perempuan dan masyarakat dalam kampanye pasangan "MANIS" di wilayah IV yang dipusatkan di Distrik Bokondini, Kamis (24/11/2016) dan dihadiri sedikitnya 5.000 massa pendukung pasangan "MANIS". 

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua dari Partai Demokrat yang merupakan putra asli Bokondini dan ditunjuk sebagai salah satu juru kampanye, Orwan Tolli Wone mengatakan, dukungan masyarakat itu tak lepas dari perhatian Usman G Wanimbo semasa menjabat sebagai Bupati Tolikara.  

"Tak salah kalau masyarakat Bokondini dan distrik lainnya di wilayah 1V mengambil sikap mendukung pasangan "MANIS" memimpin Tolikara lima tahun kedepan. Dalam kepemimpinanya, Usman begitu perhatian terhadap masyarakat dan merangkul semua unsur masyarakat. Masyarakat Bokondini dan distrik lainnya di wilayah IV ingin Usman Wanimbo yang kini berpasangan dengan Dinus Wanimbo melanjutkan kerja mereka yang sudah dirasakan masyarakat," kata Orwan Tolli Wone.

Katanya, pasangan "MANIS" merupakan pasangan yang tepat memimpin Tolikara. Pasangan ini memiliki jiwa merakyat. Usman juga berhasil mengkaderkan anak daerah dalam dunia politik dan pemerintahan. Mulai dari DPRD Tolikara, DPR Papua hingga DPR RI dan DPD RI. 

"Sebelum-sebelumnya tak ada kader anak asli Tolikara. Kini di DPR Papua empat anak asli Tolikara, termasuk saya. Di DPR RI ada Willem Wandik dan di DPD RI ada Edison Lambe. Maka tak salah jika pasangan "MANIS" merebut kemenangan di wilayah IV," ucapnya. 

Selain itu menurutnya, Usman Wanimbo juga memperjuangkan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kembu, Wanui dan Baliem Senter. Jika ada pihak yang mengklaim memperjuangkan pementukan DOB di Tolikara, itu hanya janji. Belum ada bukti. Masyarakat sendiri tahu siapa yang memperjuangkan pemekaran selama ini. 

"Dimasa kepemimpinannya, Usman mempersiapkan infrastruktur dasar untuk calob DOB. Pemekaran harus mendapat pesetujuan bupati kabupaten induk, dan Usman Wanimbo sudah melakukan itu ketika menjabat bupati. Ketua DPRD Tolikara juga sudah mendorong ke DPR Papua dan DPR Papua membawanya ke DPD dan DPR RI. Saya di DPR Papua, Willem Wandik di DPR RI dan Edison Lambe di DPD RI memperjuangkan itu. Jadi bukan sekda atau kepala dinas yg tentukan pemekaran," katanya. 

Terobosan lain yang dilakukan Usman G Wanimbo ketika menjabat bupati lanjut Orwan, yakni subsidi pesawat dari Karubaga, Ibu Kota Tolikara ke distrik lain. Masyarakat hanya membayar biaya Rp100 ribu. Selain itu pelaku UKM, koperasi dan kelompok tani di kampung-kampung setiap tahun diberikan bantuan sesuai kriteria jumlah usaha. 

"Bantuan itu bisa sampai Rp 50 juta. Selain itu semua putra daerah yang menjadi pengusaha diberi kesempatan 300 proyek setiap tahunnya. Usman tak membeda-bedakan apakah lawan politik atau bukan. Kader Demokrat tak janji politik, tapi memberikan bukti. Misalnya pembangunan jalan Bokondini-Karubaga-Kembu dan lainnya serta perumahan rakyat di Tolikara, ini hasil kerja Usman selama menjabat bupati," imbuhnya. 

Orwan optimis, pasangan Usman Wanimbo-Dinus Winimbo akan meraih minilai 80 persen suara di wilayah IV termasuk Distrik Bokondini. 

"Saya yakin pasangan "Manis" menang. Apalagi wilayah Distrik Kembu dan Kanggime itu basis suara Usman. Itu pendukung militer seperti di wilayah IV. Pencoblosan 15 Februari 2017 tinggal formalitas," katanya.

Perwakilan perempuan Bokondini, Meliana Pagawak di hadapan pasangan "MANIS" mengatakan, pasangan ini bukan calon lagi. Mereka sudah bupati dan wakil bupati. Tinggal menunggu pengesahan atau pelantikan.

"Saya tak minta apa-apa. Saya tidak minta uang, babi atau lainnya. Saya hanya ingin mas kami sejahtera. Kami juga harap ketika terpilih, pasangan "MANIS" meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah IV terutama Bokondini dan meningkatkan pelayanan serta infrastruktur kesehatan," kata Meliana Pagawak. 

Calon Bupati Tolikara, Usman Wanimbo dalam orasinya mengatakan, misi ia dan pasangannya, Dinus Wanimbo yakni membangun infrastruktur, mengembangkan SDM, mengembangkan ekonomi kerakyatan, dan peduli lingkungan. 

"Ada program yang sudah kami lakukan. Yang baik akan kami teruskan yang tidak akan kami evaluasi. Untuk  DOB yang terus kami perjuangkan mulai DPR periode lalu, sudah setengah jalan. Yang akan meneruskan perjuangan itu adalah anak Tolikara asli yaitu Willem Wandik, Edison Lambe di DPR dan DPD RI serta Orgenes Wanimbo atau Orwan Tolli Wone di DPR Papua," kata Usman Wanimbo. 

Sementara Calon Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo mengatakan, jika terpilih, ia dan pasangannya akan memberikan anggaran senilai Rp1 miliar untuk setiap distrik dan Rp600 juta untuk setiap kampung, pertahunnya. 

"Mengenai dari sumber dananya, akan kita ambil dari mata anggaran yang bisa dialokasikan untuk dana distrik dan desa," kata Dinus.

Tak hanya dihadiri Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Orwan Tolli Wone, kampanye pasangan "MANIS" di Bokondini dihadiri anggota DPR RI dari Partai Demokrat Dapil Papua, Willem Wandik, anggota DPD RI Dapil Papua, Edison Lambe, Ketua Tim Sukses "MANIS" yang juga Ketua Komisi C DPRD Tolikara/Ketua Badan Anggaran DPRD Tolikara, Tomy Yikwa dan Ketua DPRD Tolikara dari Partai Gerindra, salah satu partai pengusung pasangan "MANIS", Ikiles Kogoya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Air bersih dan peternakan menjadi prioritas Mario di Kemtuk

Selanjutnya

Rapat tahunan BPL GIDI 2016 "Penginjilan Belum Selesai" dimulai di Nabire

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe