Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Masalah listrik dan lahan bangkitkan keraguan pelaksanaan PON Papua 2020
  • Minggu, 27 November 2016 — 17:58
  • 1586x views

Masalah listrik dan lahan bangkitkan keraguan pelaksanaan PON Papua 2020

"Saya mau tanya, PON XX 2020 apakah Papua bisa menjadi tuan rumah? Kita bisa lihat saja infrastruktur saja sampai saat ini belum memadai," katanya kepada wartawan belum lama ini di Jayapura.
Gubernur Papua, Lukas Enembe, saat berada dari ketinggian stadion di lokasi pembangunan Mimika Sport Center - IST
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Victor Mambor

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan venue utama PON XX Papua, saat ini sudah masuk dalam proses tender konstruksi dan manajemen konstruksi untuk pembangunan venue tersebut.

Total anggaran pembangunan sarana utama tersebut, dikatakan Gubernur Lukas, akan menggunakan dana APBD dan APBN, sekitar Rp8,6 Miliar. Sayangnya, menurut dia saat itu, pemerintah pusat belum mencairkan dana untuk pembangunan saran PON XX Papua. Sementara dana yang dibutuhkan Papua untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan guna menjadi tuan rumah PON XX 2020 mencapai Rp 10-15 triliun. Besarnya jumlah itu karena Papua menjadi daerah paling Timur di Indonesia.

"Keinginan provinsi Papua menunggu Kepres masalah PON ini, nanti kita akan ketemu presiden untuk masalah itu. Saat ini dari APBD pemprov Papua sekitar 300 miliar, itu untuk manajemen konstruksi, " jelas Gubernur Enembe.

Namun dalam konferensi pers usai penutupan PON XIX Jawa Barat, bulan September lalu, Gubernur Enembe mengatakan semua pmbiayaan PON Papua akan dibiayai oleh anggaran Papua, swasta, dan swadaya masyarakat.

“Kita yakin bisa dapatkan itu,” kata Gubernur Enembe. 

Tetapi kesiapan Papua menghadapi PON 2020 ini diragukan oleh Bupati Wamena Jhon Wempi Wetipo. Ia mempertanyakan pembangunan infrastruktur PON Papua yang menurutnya sampai sekarang belum memadai.

"Saya mau tanya, PON XX 2020 apakah Papua bisa menjadi tuan rumah? Kita bisa lihat saja infrastruktur saja sampai saat ini belum memadai," katanya kepada wartawan belum lama ini di Jayapura.

Papua, lanjutnya harus menerima kenyataan bahwa PON XX 2020 harus dilaksanakan di Papua karena anggarakan PON sudah keluar. Rp 600 miliar sudah digelontorkan tapi belum ada satu venue pun yang dibangun.

Selain pembangunan infrastruktur yang hingga kini masih menjadi masalah karena pembebasan lahan hak ulayat, tambah Wetipo, salah satu persoalan serius adalah listrik yang hingga kini masih dilakukan pemadaman tanpa ada penjelasan dari pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Listrik belum memadai, sampai hari ini saja listrik masih dilakukan pemadaman bergilir. Dengan kenyataan ini saya mau katakan bahwa tidak mungkin PON akan terjadi di Papua," ujarnya.

Terkait persoalan listrik untuk PON ini, PT PLN (Persero) telah mewacanakan pembangunan pembangkit listrik berkapasitas daya 221 megawatt (MW), untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020.

Menurut manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, Yohanes Sukrislismono, pertengahan November lalu, sudah ada pembangkit listrik di lima kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan PON, yakni Jayapura, Timika, Biak, Wamena, dan Merauke.

Pemenuhan kebutuhan listrik ini, lanjutnya diharapkan mendukung suksesnya penyelenggaran PON XX Papua, juga sejalan dengan program “Indonesia Terang” yang digulirkan Presiden Joko Widodo.

“Ini sebenarnya bagian dari program 35.090 MW. Hanya kebetulan ada PON, jadi kami satukan sekalian,” kata Yohanes. (*)

loading...

Sebelumnya

Belum genap seminggu internet normal, kabel optik Telkom putus lagi

Selanjutnya

PLN rekonsiliasi data, genjot rasio listrik hingga 90 persen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe