close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Jalan Sentani-Depapre, rusak lingkungan dan telan korban jiwa
  • Minggu, 14 Oktober 2018 — 13:19
  • 621x views

Jalan Sentani-Depapre, rusak lingkungan dan telan korban jiwa

Pelebaran dan perbaikan jalan Sentani-Depapre di Kabupaten yang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Papua sejak awal 2016, hingga kinii tak kunjung selesai. Pekerjaan itu hanya menyisakan infrastruktur jalan yang masih dalam kondisi memprihatinkan dan kerusakan lingkungan.
Pekerjaan jalan Sentani-Depapre yang hingga kini belum kunjung diselesaikan - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pelebaran dan perbaikan jalan Sentani-Depapre di Kabupaten yang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Papua sejak awal 2016, hingga kinii tak kunjung selesai. Pekerjaan itu hanya menyisakan infrastruktur jalan yang masih dalam kondisi memprihatinkan dan kerusakan lingkungan.

Dampak dari pembongkaran jalan serta bukit yang berhadapan langsung dengan perumahan warga di ibu kota Distrik Depapre itu, warga mencatat, selama 2017–2018, sudah 46 orang menjadi korban ketika melintasi jalan ini. Baik yang luka parah hingga korban nyawa.

Ketua DAS Tepra Jewena, Yehuda Demetouw, mengatakan awal pekerjaan dan pembongkaran bukit serta jalan, pihak pemerintah dan swasta sebagai pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut belum pernah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan warga setempat dan tua-tua adat di Depapre.

“Banyak uang yang habis, tapi pekerjaan tidak selesai. Seperti tidak bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan. Ketika turun hujan lebat, rumah-rumah warga di Depapre kebanjiran,” jelas Yehuda Demetouw, di Sentani, Sabtu (13/10/2018).

Tidak itu saja, kata Demetouw, sisa-sisa material tersebut turun sampai di tepian pantai dan mengakibatkan kerusakan atas tumbuhan dan biota laut lainnya.

“Masyarakat sangat ketakutan ketika menggunakan jalan ini. Apalagi turunan yang menuju ke ibu kota distrik. Sudah banyak korban yang jatuh di sepanjang jalan itu. Mobil terbalik, truk terbalik, bus terbalik, tukang ojek dan penumpang, dan masih banyak lagi yang jatuh akibat konstruksi jalan yang rusak parah,” ungkapnya.

Seorang pemuda dari daerah ini, Raimon Karuwai, menuturkan dampak rusaknya infrastruktur jalan Sentani menuju Depapre baru saja menelan satu korban jiwa akibat kecelakaan.

Dikatakan, dari data yang dihimpun berdasarkan laporan dari sejumlah puskesmas di Distrik Sentani Barat Moi dan Depapre, ada 46 orang yang menjadi korban sejak 2017-2018. Korban-korban tersebut mulai dari masyarakat setempat dan masyarakat dari luar yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Depapre.  

“Tepatnya di tanjakan jalan kampung Dosai, Kamis 11 Oktober kemarin, korban berusaha menghindar jalan yang berlubang dalam posisi menanjak sementara pengendara lainnya dari arah berlawanan tidak sempat menghindar dan tabrakan terjadi. Korban menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Dian Harapan, yang sebelumnya mendapat pertolongan di rumah sakit Yowari,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Masyarakat Moi akan palang jalan Sentani-Depapre

Selanjutnya

Dua kali Pemkab Jayapura surati pemprov soal jalan Sentani-Depapre

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4955x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4353x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4132x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2555x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline[email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe