PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bomberai
  3. 2017, Papua Barat tuan rumah peringatan pengurangan risiko bencana dunia
  • Senin, 28 November 2016 — 17:48
  • 1158x views

2017, Papua Barat tuan rumah peringatan pengurangan risiko bencana dunia

“Di Papua Barat telah terjadi beberapa kali becana besar yang cukup menyita perhatian, sehingga perlu keseriusan semua pihak dalam melatih masyarakat agar lebih paham dan sigap dengan tanda-tanda dan fenomena alam,” katanya.
Ilustrasi - IST
Niko MB
ness@tabloidjubi.com
Editor : Timoteus Marten

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Manokwari, Jubi – Provinsi Papua Barat siap dijadikan sebagai tuan rumah untuk hari peringatan pengurangan risiko bencana internasional (International Day for Disaster Risk Reduction) tahun 2017. Sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Papua Barat, Derek Apnir di Manokwari, Senin (28/11/2016) mengatakan beberapa karakteristik geografi Papua Barat yang berada di lempengan teknonik gempa bumi menjadikan provinsi ini rawan bencana alam, baik tsunami, gelombang, maupun gempa bumi, longsor dan banjir bandang.

Ia berharap dengan dijadikan Papua Barat sebagai tuan rumah pada kegiatan tersebut, Pemerintah pusat dan dunia internasional dapat memperhatikan provinsi ini, terutama terkait penanganan bencana.

“Di Papua Barat telah terjadi beberapa kali becana besar yang cukup menyita perhatian, sehingga perlu keseriusan semua pihak dalam melatih masyarakat  agar lebih paham dan sigap dengan tanda-tanda dan fenomena alam,” katanya.

Warga Teluk Wondama, Gabriel Warami mengatakan pemerintah pernah membentuk wadah masyarakat tangguh bencana pascabanjir bandang di Wasior. Namun kelompok tersebut non aktif akibat kurang dilibatkan dalam kegiatan penanganan bencana.

Disebutkan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dunia berpotensi terhadap bencana alam. Salah satunya tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), 26 Desember 2014.

Badan PBB yaitu UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction), dalam rangka mempromosikan budaya pengurangan risiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan, tahun 2009 ditetapkan 13 Oktober sebagai hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (PRBI).

Di Indonesia, PRBI menjadi agenda tahunan nasional sejak tahun 2013 di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tahun 2014 di Bengkulu, Provinsi Bengkulu dan Kota Surakarta tahun 2015 serta tahun 2016 di Manado, Sulawesi Utara. (*)

Sebelumnya

Telkomsel gelar edukasi internet baik di Manokwari

Selanjutnya

Wow....., Manokwari siap produksi kapal perang

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua