TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Pangkas administrasi, Bank Papua terapkan aplikasi CMS-Kasda di Papua Barat
  • Kamis, 01 November 2018 — 21:03
  • 379x views

Pangkas administrasi, Bank Papua terapkan aplikasi CMS-Kasda di Papua Barat

"Sehingga, pendapatan daerah atau pemasukan yang dikelola oleh daerah secara online dapat dikelola dengan baik dan langsung dapat diketahui setiap saat berapa transaksi pemasukan dan berapa transaksi pengeluaran,” katanya.
Penandatanganan perjanjian kerjasama penerapan aplikasi CMS-Kasda, antara para Bupati se Manokwari Raya dengan Bank Papua dan BPKP perwakilan Papua Barat - Jubi/Hans Arnold Kapisa.
Hans Kapisa
[email protected]
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi - Penerapan aplikasi Cash Manajemen System kas daerah (CMS-kasda) antara Pemda kabupaten/kota bersama Bank Papua dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Papua Barat merupakan awal sejarah menuju pengelolaan keuangan yang utuh, termonitor dan kongkrit.

Sadar Sebayang, Direktur Bisnis Bank Papua cabang Manokwari mengatakan, penandatanganan kerjasama CMS Kasda dilaksanakan secara terpusat di Manokwari Raya dan Sorong Raya.

"Untuk wilayah Manokwari raya meliputi Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Pegunungan Arfak yang telah dilakukan pada  Rabu 31 Oktober 2018 malam kemarin, di Manokwari.  Sedangkan untuk wilayah Sorong Raya meliputi Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Maybrat, Tambrauw, Raja Ampat, Kaimana dan Fakfak dilaksanakan pada tanggal 2 November 2018 (besok),” katanya. 

Sementara, Pemerintah Provinsi Papua Barat sendiri belum melakukan kerjasama, sehingga diharapkan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Dia menjelaskan dari sisi pengeluaran,  aplikasi CMS Kasda merupakan aplikasi layanan perbankan untuk membantu Pemda dalam melakukan transaksi pengelolaan keuangan daerah, khususnya terkait transaksi pencairan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) tanpa harus dikirim ke Bank terlebih dahulu karena dikelola langsung di kantor Pemda sendiri.

Dengan aplikasi ini, dapat mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari RKUD (Rekening Kas Umum Daerah), ke rekening tujuan yaitu rekening OPD dan pihak ketiga di Bank Papua dengan konsep real time online .

"Jadi akan terlaksana pemindahan dana pada saat itu juga. Sehingga, dengan sistem ini, maka para pengelola keuangan Kasda secara real time akan mengetahui keadaan keuangan yang dikelola oleh masing-masing Pemda dari sisi pengelolaan pengeluaran,” katanya.

Sedangkan dari sisi pengelolaan pemasukan, Bank Papua juga sudah siap dan telah diterapkan di beberapa Pemda khususnya yang ada di Papua Barat, namun saat ini dimulai lebih dahulu dengan transaksi CMS Kasda untuk pengeluaran. Nantinya akan dikembangkan lagi untuk transaksi pemasukan.

"Sehingga, pendapatan daerah atau pemasukan yang dikelola oleh daerah secara online dapat dikelola dengan baik dan langsung dapat diketahui setiap saat berapa transaksi pemasukan dan berapa transaksi pengeluaran,” katanya.

Aplikasi ini juga menurutnya, bisa mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dan memudahkan Pemda dapat memantau kondisi keuangan Kasda terkini melalui rekening setiap waktu (rill time) yang  dapat dilihat atau dipantau oleh orang yang ditugaskan oleh Pemda untuk mengelola rekening. (*)

loading...
Loading...

Sebelumnya

Pisang raksasa dari Kampung Kwau Distrik Mokwam Manokwari

Selanjutnya

BMKG: Ada potensi angin puting beliung di Papua Barat

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe