Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Kehabisan uang saat Natal dan Tahun Baru? BI sediakan Rp1,45 triliun
  • Jumat, 02 Desember 2016 — 22:55
  • 952x views

Kehabisan uang saat Natal dan Tahun Baru? BI sediakan Rp1,45 triliun

Kantor Perwakilan BI, tambahnya, juga akan mendatangkan uang tunai totalRp3,9 triliun pada Desember ini. Sehingga total uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia mencapai Rp5,35 triliun.
Ilustrasi uang - Dok. Jubi
Sindung Sukoco
Editor : Syofiardi
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Jelang Natal dan Tahun Baru, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua telah menyiapkan uang tunai Rp1,45 triliun untuk menghadapi kebutuhan uang layak edar.

Kepala Perwakilan BI Papua Joko Supratikto mengatakan, uang yang sudah tersedia di kantornya itu khusus disiapkan untuk akhir tahun

“Terutama menghadapi  Natal  dan Tahun Baru yang biasanya meningkat signifikan,” katanya dua hari lalu.

Kantor Perwakilan BI, tambahnya, juga akan mendatangkan uang tunai totalRp3,9 triliun pada Desember ini. Sehingga total uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia mencapai Rp5,35 triliun.

Joko mengatakan, BI melakukan pengedaran uang dengan cara setoran dan tarikan perbankan dan pelayanan Kas Titipan dan Kas Keliling. Dari Rp5,35 triliun yang disediakan tersebut berada di empat kas titipan, yaitu di Biak, Timika, Sorong, dan Merauke.

Kas Titipan merupakan upaya dari Bank Indonesia dalam menyediakan Uang Layak Edar (ULE) ke masyarakat melalui bantuan perbankan.

"Dengan adanya kas titipan, selain untuk memenuhi kebutuhan ULE untuk perbankan, masyarakat juga dapat menukarkan uang lusuh atau tidak layak edar kepada perbankan langsung, contohnya Kas Titian di Wamena juga akan melayani bagi masyarakat pegunungan," ujarnya.

Selain melalui kas titipan, kata Joko, untuk memenuhi kebutuhan ULE di kabupaten-kabupaten yang tidak terdapat Kas Titipan, Bank Indonesia juga melakukan kas keliling ke seluruh kabupaten di Papua. 

Pelaksana Tugas Dirut Bank Papua Sharly Parrangan mengatakan, menyambut akhir tahun Bank Papua menyiapkan Rp 2 triliun, diluar dana untuk pemerintah daerah.
Mengenai pecahan uang, Sharly mengatakan akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Biasanya didominasi pecahan Rp50 ribu dan Rp 100 ribu, kita siapkan di semua kantor cabang sesuai dengan kebutuhan cabang yang bersangkutan," katanya kepada Jubi, Kamis (1/12/2016). (*)

loading...

Sebelumnya

Masyarakat Lereh belum nikmati air bersih

Selanjutnya

BI musnahkan Rp 9,7 triliun uang tak layar edar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe