Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Sekolah unggulan wilayah Lapago akan dibangun di Jayawijaya
  • Selasa, 06 Desember 2016 — 05:16
  • 809x views

Sekolah unggulan wilayah Lapago akan dibangun di Jayawijaya

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Jayawijaya yang sudah memberikan lokasi, akan dibangun sekolah unggulan khusus untuk anak-anak asli Papua termasuk pengajarnya,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Laurens Wantik saat meninjau lokasi di Distrik Napua akhir pekan lalu.
Caption: Wakil Bupati bersama perwakilan dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Papua ketika meninjau lokasi pembangunan sekolah unggulan-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Wamena, Jubi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua pada program tahun 2017 mendatang, berencana membangun sebuah sekolah unggulan jenjang sekolah menengah atas di Kabupaten Jayawijaya untuk wilayah lapago. Rencana tersebut, langsung direspon baik oleh pemerintah Kabupaten Jayawijaya dengan menyiapkan lahan di sekitar Napua, Kabupaten Jayawijaya.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Jayawijaya yang sudah memberikan lokasi, akan dibangun sekolah unggulan khusus untuk anak-anak asli Papua termasuk pengajarnya,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Laurens Wantik saat meninjau lokasi di Distrik Napua akhir pekan lalu.

Pembangunan sekolah unggulan ini juga akan dilakukan di seluruh wilayah adat Papua seperti Mamta, Lapago, Mepago, Anim Ha dan Saireri.

Menurutnya lokasi yang dibutuhkan untuk pembangunan sekolah ini kurang lebih sekitar lima hingga enam hektar, karena sekolah tersebut akan dilengkapi dengan asrama, sarana olahraga, lahan perkebunan yang akan dikelola siswa dan juga perumahan guru.

“Jadi nanti tidak hanya anak-anak Wamena saja yang sekolah disini, tetapi anak-anak dari Lanny Jaya, Tolikara dan kabupaten-kabupaten lain di wilayah pegunungan ini bisa menimba ilmu di sekolah unggulan ini nantinya,” katanya.

Laurens menambahkan, sumber dana pembangunan berasal dari dana otonomi khusus dan tahap pertama sudah dialokasikan sebesar 250 miliar untuk pembangunan lima sekolah unggulan di lima wilayah adat.

Anggaran tahap pertama ini akan digunakan untuk pelepasan tanah adat, sehingga tanah tersebut akan menjadi milik pemerintah provinsi.

“Jadi seandainya nanti tanah ini jadi diberikan pemerintah kabupaten, maka akan kita lakukan balik nama menjadi milik pemerintah provinsi,” jelasnya.

Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon Ricard Banua yang ikut meninjau langsung lokasi itu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah memilih Kabupaten Jayawijaya sebagai lokasi pembangunan sekolah unggulan untuk wilayah Lapago.

“Pemerintah Jayawijaya bersedia mendukung dan kami memilih lokasi di Napua karena lokasinya cukup strategis, inilah yang coba kita upayakan,” kata Banua.

Terkait masalah tanah yang ditakutkan akan menjadi masalah dikemudian hari, menurutnya, tanah tersebut dari jaman Bupati David Huby sudah menjadi milik pemerintah Kabupaten Jayawijaya, dan tanah tersebut merupakan tanah Pramuka yang memiliki dokumen lengkap.(*)

loading...

Sebelumnya

Buka kongres HMPJ di Jayapura, ini pesan Bupati Wempi Wetipo

Selanjutnya

‘Klinik’ pengembangan Koperasi dan UMK hadir di Kabupaten Jayawijaya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe