Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Sulawesi
  3. Sejumlah wilayah di Sulsel dan Sulbar padam total
  • Senin, 12 Desember 2016 — 13:31
  • 1501x views

Sejumlah wilayah di Sulsel dan Sulbar padam total

Sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat kembali terjadi padam total (meluas) atau "black out" yang mengakibatkan aliran listrik mengalami ganguan selama tiga jam.
Ilustrasi. Sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat kembali terjadi padam total (meluas) atau "black out". –tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Makassar, Jubi - Sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat kembali terjadi padam total (meluas) atau "black out" yang mengakibatkan aliran listrik mengalami ganguan selama tiga jam.

"Terjadi gangguan transmisi pada sistem Sulselbar yang menyebabkan terjadinya pemadaman sebagian pada subsistem Makassar, Makale dan Palopo," sebut General Manager PLN Wilayah Sulselrabar Wasito Adi dalam siaran persnya, Minggu (11/12/2016) malam.

Dari indikasi yang ada, diduga ganguan berada pada transmisi 150 Kilo Volt (KV) pada segmen Sungguminasa Kabupaten Gowa dan Maros yang diakibatkan karena terkena petir saat hujan menguyur wilayah setempat. "Sudah dilakukan pemeriksaan fisik penyebab ganguan. Padam aliran listrik diperkirakan tiga jam namun Saat ini aliran listrik sudah normal kembali setelah ada perbaikan," katanya.

Kejadian black out tersebut terjadi pada pukul 17.40 WITA. Saat terjadi gangguan, kata dia, petugas berupaya untuk menormalkan kembali sistem interkoneksi Sulselbar pada pukul 18.00 WITA.

Pemulihan subsistem Makassar, lanjutnya telah dilakukan secara bertahap dan sebagian arus listrik pelanggan sudah teraliri listrik dan menyala. Aliran listik sebagian wilayah baru aktif sekitar pukul 22.30 WITA., "Kota Makassar dan Palopo, Kabupaten Gowa, Maros, Pangkep Barru, Makale telah diperkirakan akan normal keseluruhan pada pukul 24.00 WITA. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujarnya.

Akibat black out tersebut, berdasarkan pantauan sejumlah lampu merah mati total dan arus lalulintas tergangu mengakibatkan macet total di Kota Makassar dan perbatasan Gowa-Maros. Bahkan pengusaha rumahan juga mengalami ganguan produksi ketika lampu padam.

Sebelumnya, black out pernah terjadi pada 19 Januari 2016 di sejumlah wilayah di Sulselbar pada Selasa pukul 14.13 Wita yang menyebabkan gangguan transmisi

mengakibatkan terjadinya pemadaman meluas. Masalahnnya pada transmisi di perbatasan Sungguminasa Kabupaten Gowa dan Tallasa, Kabupaten Takalar, transmisi pengatur tegangan terkena petir saat hujan. (*)

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemkot Makassar konversi 50.000 buku ke braille digital

Selanjutnya

Gempa 4,5 SR landa Poso

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe