Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bomberai
  3. Tim studi kelayakan pendirian Perwakilan Komnas HAM PB dibentuk
  • Senin, 12 Desember 2016 — 16:57
  • 1938x views

Tim studi kelayakan pendirian Perwakilan Komnas HAM PB dibentuk

“Ini sebuah upaya yang tidak mudah untuk menghadirkan lembaga pengawas independen seperti Komnas HAM di Tanah Papua,” ujar Natalius kepada Jubi, Senin (12/12/2016).
Kantor Komnas HAM RI di Jakarta - Dok. Jubi
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai mengatakan, Komnas HAM RI telah membentuk tim untuk melakukan studi kelayakan dalam rangka pendirian Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua Barat. Tim ini dipimpin oleh dirinya sendiri.

“Ini sebuah upaya yang tidak mudah untuk menghadirkan lembaga pengawas independen seperti Komnas HAM di Tanah Papua,” ujar Natalius kepada Jubi, Senin (12/12/2016).

Dalam rapat paripurna KOMNAS HAM 7 Desember 2016 yang lalu telah diputuskan memulai rencana dan kajian mengenai pendirian Kantor Perwakilan KOMNAS HAM di Manokwari dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Papua Barat dan DPR Provinsi Papua Barat.

Sebagai lembaga yang didirikan berdasarkan amanat Undang UUD 1945, UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 50 Tahun 1993 tentang KOMNAS HAM, lembaga ini berhak dan dapat mendirikan perwakilannya di daerah, termasuk Provinsi Papua Barat berdasarkan amanat pasal 76 ayat (4) dari Undang Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM.

Rencana pendirian Kantor Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) di Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat pada tahun 2017 mendapat tanggapan positif dari  LP3BH Manokwari sebagai salah satu Lembaga Advokasi HAM di Tanah Papua.

Menurut Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, rencana ini harus mendapat dukungan positif dari Pemerintah Provinsi Papua Barat (Pemprov PB).

Yan menjelaskan, dukungan dimaksud terutama menyangkut penyediaan dan atau alokasi dana bagi operasionalisasi kegiatan Kantor Perwakilan KOMNAS HAM  tersebut dalam mendukung upaya perlindungan dan pemajuan hak asasi manusia serta penegakan hukum di daerah ini ke depan.

"Minimal Pemprov Papua Barat dapat mengalokasikan dana sejumlah 2 hingga 3 Milyar bagi operasionalisasi kegiatan Kantor Perwkailan KOMNAS HAM tersebut untuk kepentingan kegiatan pendidikan dan pelatihan HAM serta pemantauan dan perlindungan hak asasi manusia bagi segenap masyarakat sipil dan adat di wilayah Provinsi ini," jelas Warinussy kepada Jubi.

Ia berharap pendirian Kantor Perwakilan KOMNAS HAM di Papua Barat mampu membantu masyarakat sipil (adat) untuk menyampaikan berbagai hal terkait masalah dugaan pelanggaran HAM dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik serta hukum dan kemasyarakatan yang terjadi di wilayahnya masing-masing. (*)

Sebelumnya

Peringati Hari HAM, masa aksi di Manokwari mengaku dipukul dengan rotan

Selanjutnya

120 tahanan anak-anak, Kemenkumham akan bangun lapas anak di Manokwari

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe