Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Perkuat kerjasama, PM Fiji dan Menlu Indonesia bertemu di New York
  • Rabu, 21 September 2016 — 16:24
  • 411x views

Perkuat kerjasama, PM Fiji dan Menlu Indonesia bertemu di New York

Perdana Menteri Fiji, Josaia Vorueqe Bainimarama dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB ke-71 di New York guna mempererat kerjasama ekonomi dan dukungan bagi keanggotaan masing-masing di Dewan HAM PBB (2018) serta anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (2019).
Ilustrasi PM Vorueqe Bainimarama terima cek 5 juta USD dari Menkopohukam Luhut Pandjaitan Maret 2016 - Fiji Sun
Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri Fiji, Josaia Vorueqe Bainimarama dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB ke-71 di New York guna mempererat kerjasama ekonomi dan dukungan bagi keanggotaan masing-masing di Dewan HAM PBB (2018) serta anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (2019).  

Pertemuan yang berlangsung Senin, (19/9) itu bertujuan untuk memperkuat serta mendorong kerja sama pembangunan di kawasan, demikian menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima redaksi Jubi Rabu (21/9/2016).

Menlu RI dikesempatan itu  menekankan bahwa Fiji adalah salah satu mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Pasifik dan karenanya sepakat agar kerja sama kalangan bisnis kedua Negara harus terus diperkokoh. “Kedua Negara harus mendorong interaksi pelaku bisnis untuk memperkuat hubungan ekonomi di kedua negara dan kawasan”, ujar Menlu RI.

PM Bainimamara mendukung penguatan kerjasama ekonomi tersebut, khususnya bagi pemasaran produk FIJI ke Indonesia. “Produk-produk asli Fiji, seperti Virgin Coconut Oil dan Pure Fiji, adalah produk alami yang makin diakui pasar internasional yang kami harapkan juga dapat menembus Indonesia,” ujar Bainimarama seperti dilansir Fijisun.com Rabu (21/9).

Nilai perdagangan RI-Fiji selama ini mencapai USD 15.833 pada periode Januari-Juni 2016, angka ini meningkat sebesar 66,5% dibandingkan nilai perdagangan pada periode yang sama tahun 2015, yaitu sebesar USD 9.506. Indonesia dan Fiji juga memiliki skema kerja sama Disaster Risk Management.

Secara khusus, Perdana Menteri Fiji juga mengapresiasi bantuan tanggap darurat dari Indonesia, khususnya pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi kompleks sekolah Queen Victoria School (QVS) setelah topan Winston, yang sudah membantu pemulihan proses belajar mengajar di Fiji.

Dukungan ke PBB

PM Bainimarama dikesempatan itu juga meminta Menlu Marsudi untuk mendukung pencalonan negara itu ke Dewan HAM PBB tahun 2017, termasuk dukungan Indonesia atas proposal Fiji menjadi peninjau di ASEAN.

““Kami akan sangat menghargai dukungan Indonesia terhadap pencalonan kami (ke Dewan HAM PBB) nanti di pemilihan 2017, termasuk keanggotaan kami di ASEAN. Walaupun moratorium (penundaan sementara) status observer (peninjau) masih berlaku di ASEAN, kami akan mengajukannya lagi di waktu yang tepat ke depan,” ujarnya.

Sebaliknya, pihak Indonesia juga meminta dukungan Fiji  sehubungan pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

Kedua wakil pemerintahan tampak tidak menyinggung perkembangan situasi di Pasifik terkait status West Papua. Berdasarkan rilis Kemenlu, PM Baininamara hanya menegaskan kembali posisi Fiji dalam menghormati integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sikap Baininamarama yang mendukung pemerintahan Indonesia ini sempat memanen kritik di kalangan masyarakat sipil Fiji, khususnya sejak pertarungan pemerintah Indonesia dengan ULMWP terkait status di MSG.

“Sikap perdana menteri Fiji selama ini telah meremehkan kejahatan HAM dan pendudukan di West Papua oleh negara Indonesia, yang menyebabkan ribuan orang dibunuh hanya karena hendak menentukan nasibnya sendiri,” demikian Shamima Ali ujar Direktur Women's Crisis Center Fiji yang mantan Komisioner HAM negeri itu di pertengahan Juni lalu.(*)

loading...

Sebelumnya

Penanganan sektor pertanian fokus pada SDM

Selanjutnya

Kebun sawit dibuka, air tercemar, ikan pun mati

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe