Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bali & Nusa Tenggara
  3. Gubernur Bali minta BI tertibkan money changer
  • Rabu, 14 Desember 2016 — 14:24
  • 1519x views

Gubernur Bali minta BI tertibkan money changer

Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta Kepala Perwakilan Bank Indonesia provinsi setempat untuk menertibkan "money changer" yang tidak berizin atau ilegal karena dinilai telah meresahkan wisatawan asing.
Ilustrasi. Sebuah tempat penukaran uang di Jakarta. –tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Denpasar, Jubi – Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta Kepala Perwakilan Bank Indonesia provinsi setempat untuk menertibkan "money changer" yang tidak berizin atau ilegal karena dinilai telah meresahkan wisatawan asing.

"Masih banyak keluhan dari wisatawan asing terkait keberadaan money changer yang beroperasi tidak resmi. Hal ini mencoreng pariwisata Bali, turis jadi kapok karena merasa ditipu. Untuk itu saya minta BI menertibkan, agar jangan sampai keberadaan mereka mencoreng pariwisata kita," kata Pastika saat menerima audiensi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, di Denpasar, Rabu (14/12/2016).

Menurut dia, keberadaan tempat penukaran mata uang asing yang tidak berizin itu dapat mencoreng citra pariwisata Bali karena riskan terhadap terjadinya tindakan kriminal yang merugikan kliennya. Di sisi lain, Pastika meminta BI juga memperhatikan sirkulasi uang di daerah-daerah pariwisata dan memastikan agar uang yang beredar masih dalam kondisi baik, tidak lecek dan berbau.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana menyampaikan pihak BI telah melakukan beberapa langkah diantaranya dengan menyediakan aplikasi online SIKUPVA (Sistem Informasi Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing ) untuk bisa mendapatkan informasi terkait lokasi dan nama dari money changer berizin yang berada terdekat dari posisi mereka.

Di samping itu, Bank Indonesia terus bersinergi dengan desa pakraman (desa adat) setempat dalam melakukan penertiban terhadap tempat penukaran uang ilegal itu.

Langkah-langkah tersebut diambil Bank Indonesia dalam upaya menjaga citra pariwisata Bali sehingga wisatawan akan merasa aman dan nyaman selama mereka berwisata di Pulau Dewata.

Selain itu, terkait dengan sirkulasi uang, pihaknya di bawah koordinasi Kepala Divisi Peredaran Uang Bank Indonesia secara intensif melakukan upaya menjaga kualitas uang rupiah dalam kondisi yang layak edar di masyarakat. (*)

 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Puluhan penyelam bersihkan sampah di Labuan Bajo

Selanjutnya

Polresta Denpasar ringkus tiga warga negara Peru pembobol ATM

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe