Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Antar surat pemberitahuan, anggota KNPB malah ditangkap Polres Nabire
  • Sabtu, 17 Desember 2016 — 13:39
  • 2462x views

Antar surat pemberitahuan, anggota KNPB malah ditangkap Polres Nabire

Aktivis dan pembela HAM Yones Douw kepada Jubi dari Nabire juga mengonfirmasi penangkapan tersebut. “Anggota KNPB itu datang masukkan surat ke Polres itu kan bagian dari memenuhi kewajiban UU, namun mereka ditangkap,” ujar Douw sembari menambahkan bahwa pihaknya hingga berita ditulis tidak dijinkan mengunjungi korban.
Kapolres Nabire saat ini, AKBP Semmy Ronny Thabaa, berfoto saat masih menjabat Kapolres Jayawijaya tahun 2015 ketika melakukan penyitaan atribut KNPB di halaman Polres Jayawijaya - Jubi/Islami
Titus Ruban
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Nabire, Jubi – Enam orang anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire ditangkap dan dibawa paksa Kepolisian Resor Nabire tanpa alasan jelas.

Juru bicara KNPB Wilayah Nabire, Nus Degei kepada Jubi, Sabtu (17/12/2016) mengatakan penangkapan terjadi pada Jum’at  pukul 09.00 waktu setempat.

“Mereka empat orang ditangkap ketika datang ke Polres memasukan surat pemberitahuan demo damai yang menurut rencara akan dilakukan Senin, (19/12) untuk meminta dukungan Papua Barat menjadi anggota penuh MSG,” ujar Nus ketika ditemui Jubi.

Menurut Nus, empat orang teman-temannya itu langsung ditanghan dan dijebloskan ke sel begitu datang untuk serahkan surat pemberitahuan tersebut. “Apa salah mereka? Kami kecewa dengan tindakan aparat yang tanpa sebab langsung menangkap itu.”

Nus menambahkan, di hari yang sama (Jum’at) sekitar pukul 13.00 dua orang anggota KNPB lainnya juga ditangkap dalam sebuah penggerebekan di rumah seorang warga bernama Zadrak Kudiai (30) oleh aparat Polres Nabire.

“Mereka (aparat) datang dengan menggunakan 2 mobil, kurang lebih ada 8 orang. Lalu mereka bawa 2 teman dan 2 unit motor,” ujar Nus sembari menekankan bahwa tindakan aparat tersebut tidak bisa mereka terima.

“Kami hanya ingin menyampaikan hak berekspresi kami dalam bentuk demo damai, kenapa ditangkap tanpa penjelasan?” ujar Nus lagi.

Saat ini, keenam anggota KNPB tersebut ada di Polres Nabire dan tidak bisa dikunjungi. Keenam orang tersebut adalah  Andreas Kadepa, Elisa Pigome, Yohanis Tatogo, Otis Yeimo, Sam Kutuma Madai, dan Zadrak Kudiai.

Terpisah, aktivis dan pembela HAM Yones Douw kepada Jubi dari Nabire juga mengonfirmasi penangkapan tersebut. “Anggota KNPB itu datang masukkan surat ke Polres itu kan bagian dari memenuhi kewajiban UU, namun mereka ditangkap,” ujar Douw sembari menambahkan bahwa pihaknya hingga berita ditulis tidak dijinkan mengunjungi korban.

“Penangkapan tetap jalan terus, padahal Pemerintah Indonesia sudah mendapat 9 rekomendasi dari Universal Periodic Report (UPR) Dewan HAM PBB tentang pelanggaran HAM di Papua,” ujar Douw.

Kepala Kepolisian Resor Nabire, AKBP Semmy Ronny Thabaa, dikabarkan sedang berada di luar daerah dan hingga saat ini belum bisa dimintai keterangan.

KNPB secara serentak di seluruh wilayah Papua diketahui akan menggelar demo damai 19 Desember 2016 memperingati Peristiwa Trikora 1961 sekaligus menyambut sidang Pemimpin Melanesian Spearhead Group (MSG) yang direncanakan dari tanggal 20-23 Desember 2016.(*)

loading...

Sebelumnya

Pemprov ajak masyarakat buktikan Papua aman dan damai

Selanjutnya

Tahanan dari luar Papua perlu dikembalikan ke daerah asal

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe