Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Puluhan negara sepakat tampung 360.000 pengungsi
  • Rabu, 21 September 2016 — 20:26
  • 727x views

Puluhan negara sepakat tampung 360.000 pengungsi

Jumlah pengungsi di seluruh dunia saat ini adalah 21,3 juta orang. Anggota Majelis Umum PBB pada Senin sepakat merundingkan keamanan dan keteraturan perpindahan selama dua tahun mendatang
Ilustrasi gelombang pengungsi ke Uni Eropa - IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

New York, Jubi - Puluhan negara sepakat memukimkan dan menampung sekitar 360.000 pengungsi atau menaikkan dua kali lipat jumlah jatah maksimal pada tahun lalu, kata duta besar Amerika Serikat untuk PBB, Samantha Power.

Kesepakatan tersebut tercapai setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama, di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB, mengumpulkan kepala negara yang bertekad menampung pengungsi.

Namun demikian, Power mengatakan bahwa angka 360.000 masih terlalu sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan penempatan pengungsi, yang menurut badan pengungsi PBB (UNHCR), tahun ini mencapai 1,2 juta orang.

Hanya negara dengan mau menampung pengungi yang bisa menghadiri pertemuan dengan Obama tersebut.

Kepada kepala negara itu, Obama mengatakan bahwa kemelut pengungsi "adalah ujian bagi sistem internasional kita, tempat semua negara harus berbagi tanggung jawab bersama, karena hanya 10 negara menampung sebagian besar pengungsi".

"Kita harus mengakui bahwa pengungsi merupakan gejala kegagalan yang lebih besar, baik itu perang, ketegangan etnis, atau pelanggaran hak asasi manusia," kata dia.

Menurut Obama lebih dari 50 negara dan organisasi internasional yang menghadiri undangannya, secara kolektif telah menaikkan kontribusi mereka terhadap lembaga humaniter sebanyak 4,5 milyar dolar AS.

"Kalau dulu, banyak negara yang punya kebiasaan buruk hanya berkomitmen dalam konferensi, lalu tidak memenuhi janjinya, maka kali ini kita harus berbuat lebih baik," kata Samantha Power.

"Ukuran keberhasilan pertemuan ini adalah apa yang negara-negara itu lakukan dan siapa yang akan mereka bantu," katanya lagi.

Di sisi lain, Obama juga meminta kelompok bisnis untuk turut membantu penyelesaian krisis pengungsi. Dia sempat bertemu dengan sejumlah pemimpin perusahaan dan berhasil mengumpulkan komitmen bernilai sekitar 650 juta dolar AS untuk memberdayakan pengungsi.

Jumlah pengungsi di seluruh dunia saat ini adalah 21,3 juta orang. Anggota Majelis Umum PBB pada Senin sepakat merundingkan keamanan dan keteraturan perpindahan selama dua tahun mendatang.(*)

loading...

Sebelumnya

Tiongkok incar harta gelap, buru tersangka korupsi

Selanjutnya

Obama desak Israel akhiri pendudukan di Palestina

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 2745x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2556x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2383x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe