Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Tak ada toleransi terhadap calon yang belum mengundurkan diri
  • Senin, 19 Desember 2016 — 17:21
  • 959x views

Tak ada toleransi terhadap calon yang belum mengundurkan diri

"Ada 28 kepala daerah wakil kepala yang yang berstatus ASN dan 12 lainnya berstatus anggota DPRD kabupaten dan provinsi," kata Adam pekan lalu.
Ilustrasi - IST
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menyatakan tak akan mentoleransi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten/kota di Papua jika hingga batas waktu yang ditentukan belum juga menyerahkan SK pengunduran mereka sebagai anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun anggota DPR dari pejabat berwenang.

Komisioner KPU Papua bidang pengawasan, Tarwinto mengatakan, meski kurang lebih sepekan kedepan, sejumlah instansi di Papua libur Natal, namun hal tersebut tak berpengaruh pada batas akhir penyerahan SK pengunduran diri kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Meski Papua libur, tapi sampai saat ini belum ada petunjuk untuk itu. KPU Pusat belum memberikan kebijakan atau kelonggaran perpanjangan waktu. Jadi hingga kini tak ada kebijakan khusus untuk Papua," kata Tarwinto via teleponnya, Senin (19/12/2016).

Menurut Tarwinto, Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016 Pasal 68 ayat 1, ayat 1a dan ayat 2 calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang berstatus anggota DPR, ASN dan pejabat BUMD wajib menyerahkan SK pengunduran diri atau pemberhentian dari pejabat berwenang paling lambat 60 hari pasca penetapan atau ditetapkan sebagai calon kepala daerah/wakil kepela daerah.

"Batas waktunya sampai 24 Desember 2016. Kan aturan undang-undang sudah jelas. Kalau tidak dipenuhi, sesuai aturan kandidat itu akan dinyatakan gugur," ucapnya.

Meski tak menyebut pasti berapa jumlah dan siapa saja kandidat itu, tapi kata Tarwinto, kini sudah ada beberapa calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang telah menyerahkan SK pemberhentian mereka.

"Sampai saat ini sudah ada beberapa calon yang mengajukan SK pengunduran diri. Tapi saya harus cross cek dulu siapa-siapa saja dan berapa jumlahnya," katanya.

Sementara Ketua KPU Papua, Ada Arisoi mengatakan, sebanyak 84 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada 10 kabupaten dan satu kota di Papua yang akan melaksanakan Pilkada serentak, 15 Februari 2017 mendatang. Dari jumlah itu, sebanyak 40 calon kepala daerah wakil kepala daerah berstatus ASN dan anggota DPRD kabupaten dan provinsi.

"Ada 28 kepala daerah wakil kepala yang yang berstatus ASN dan 12 lainnya berstatus anggota DPRD kabupaten dan provinsi," kata Adam pekan lalu.

Menurutnya, sejak penetapan pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah, 24 September 2016 lalu, sebagai besar calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang berstatus ASN dan legislator belum menyerahkan SK pemberhentiannya kepada KPU.

"Sejak penetapan kami sudah mengimbau para kandidat segera mengurus pengunduran diri mereka. Kami harap para kandidat yang belum menyerahkan SK pemberhentiannya segera diproses," ucapnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Larang aksi damai 19 Desember, Kepolisian mulai penangkapan sejak malam

Selanjutnya

Massa aksi 19 Desember ditangkap, legislator sebut polisi ingkar janji

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe