Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Hendak demonstrasi ke DPRD Merauke, 109 pengurus dan simpatisan KNPB ditangkap polisi
  • Senin, 19 Desember 2016 — 22:07
  • 867x views

Hendak demonstrasi ke DPRD Merauke, 109 pengurus dan simpatisan KNPB ditangkap polisi

“Anggota saya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah intelektual KNPB. Olehnya, belum dapat dipastikan apakah ada unsur makar atau tindak pidana. Nanti ada informasi selanjutnya setelah pemeriksaan selesai dilakukan,” ujarnya.
Simpatisan dan pengurus KNPB saat diamankan di Polres Merauke- Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Merauke, Jubi - Sebanyak 109 pengurus dan simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang hendak melakukan aksi demonstrasi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, ditangkap dan dibawa ke Polres Merauke untuk didatakan sekaligus dilakukan pemeriksaan.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufiq Irpan Awaluddin di ruang kerjanya Senin (19/12/2016) mengatakan, pengurus dan simpatisan KNPB itu, diamankan di  dua titik yakni Kuda Mati serta Onggatmit tadi pagi. Mereka ingin menyuarakan aspirasi ke dewan yang isinya tidak lain memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dari para tangan demonstran, lanjut Kapolres, berhasil menyita enam bendera KNPB, beberapa lembar pakaian bertuliskan West Papua,  baju media KNPB maupun spanduk sebagai barang bukti untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

“Anggota saya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah intelektual KNPB. Olehnya, belum dapat dipastikan apakah ada unsur makar atau tindak pidana. Nanti ada informasi selanjutnya setelah pemeriksaan selesai dilakukan,” ujarnya.

“Kita juga mengamankan 109 orang itu selama 1x24 jam. Kami akan memilah terlebih dahulu, apakah ada intelektual yang harus ditahan terus atau tidak untuk menjalani proses hukum, sisanya itu baru akan dipulangkan.” tegasnya.

Kapolres mengatakan, pihaknya tidak membatasi atau melarang orang melakukan aksi demonstrasi, selama menyangkut persoalan pendidikan atau pelayanan kepada masyarakat yang kurang berjalan baik, akan diizinkan. Tetapi kalau aksi yang sudah bertentangan dengan NKRI, tak akan diberikan kesempatan.

Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Marthen Koagouw menambahkan, sejak pagi pukul 07.00 WIT, masyarakat itu telah berkumpul di sejumlah titik dan siap  bergerak menuju ke kantor dewan.

“Kami sudah mengetahui rencana mereka, sehingga  dari pagi anggota telah dikerahkan di beberapa titik yang menjadi sasaran berkumpulnya demonstran,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pejabat lama diminta tetap jalankan tugas seperti biasa

Selanjutnya

Diamankan beberapa jam , pengurus dan simpatisan KNPB dipulangkan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe