Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Terminal bandara Mopah-Merauke akan rampung 2020
  • Rabu, 21 Desember 2016 — 06:41
  • 1019x views

Terminal bandara Mopah-Merauke akan rampung 2020

Untuk pembangunan tahap pertama, kata dia, menelan anggaran sekitar Rp72 miliar. Fisik pembangunan sudah mencapai 80 persen. Kini material sudah ada termasuk atap yang segera dipasang.
Pembangunan Terminal Bandara Udara Mopah-Merauke yang sedang berlangsung - Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Merauke, Jubi - Pembangunan Terminal Bandara Udara Mopah Merauke, akan diupayahkan dirampungkan pada 2020, sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) nanti.

Hal itu disampaikan Kepala Bandara Mopah-Merauke, Budi Sujatmiko kepada wartawan di kantornya Selasa (20/12/2016). Untuk tahap pertama penyelesaian struktur bangunan sesuai kontrak, akan berakhir tahun ini. Namun, berlanjut tahun depan, setelah adanya DIPA dari Kementerian Perhubungan RI.

Untuk pembangunan tahap pertama, kata dia, menelan anggaran sekitar Rp72 miliar. Fisik pembangunan sudah mencapai 80 persen. Kini material sudah ada termasuk atap yang segera dipasang.

Khusus pembangunan tahap kedua, jelas dia,  yakni peralatan tangga termasuk lift serta  kelengkapan lain. “Memang sesuai master plan, pembangunan Bandara Mopah sampai tahun 2034. Namun demikian, disesuaikan anggaran   pemerintah pusat,” tuturnya.

“Target saya tahun 2020, terminal bandara sudah harus dirampungkan agar dapat digunakan untuk pelaksanaan PON. Itu juga sesuai komitmen Kementerian Perhubungan RI,” katanya.

Buka posko natal dan tahun baru

Sementara itu, menjelang hari raya Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru, posko Bandara Mopah mulai dioperasikan terhitung hari ini sampai 8 Januari  2017 mendatang. Pembukaan posko tersebut, menindaklanjuti surat edaran Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan RI.

Kepala Otoritas Bandara Mopah Wilayah X, Hariono kepada sejumlah wartawan Selasa (20/12/2016) mengatakan Posko tersebut tidak lain menyiasati hal-hal yang berkaitan dengan kelancaran keselamatan penerbangan, keamanan maupun kenyamanan penumpang.

Selain itu, lanjut dia, untuk  mendeteksi secara dini berbagai persoalan terkait penerbangan. Sehingga penumpang yang hendak pergi maupun datang, tidak mengalami kesulitan. Tidak dapat dipungkiri jika pasti akan terjadi lonjakan penumpang, menjelang hari raya dan tutup tahun.

“Kami juga mengantisipasi jangan sampai terjadi keterlambatan pesawat yang berdampak terhadap penumpang yang akan terbang menuju tempat tujuan,” tuturnya.

Ditambahkan, posko tersebut dibuka dari pukul 07.00 Wit-17.00 WIT dengan disesuaikan jadwal penerbangan. “Ya, karena belum ada penerbangan malam, sehingga pelayanan hanya sampai sore.  Namun, kita melihat juga dengan situasi yang berkembang di lapangan,” katanya.

Kepala Bandara Mopah-Merauke, Budi Sujatmiko menambahkan, posko itu  akan ditempati beberapa petugas  setiap hari. Selain dari Bandara Mopah, juga Otoritas Bandara X serta kepolisian.

 “Sejauh ini, situasi aman dan belum ada kendala yang terjadi di lapangan berkaitan dengan keterlambatan penerbangan. Kami juga meminta agar masyarakat memberikan laporan jika ada persoalan yang terjadi di bandara,” pintanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Diamankan beberapa jam , pengurus dan simpatisan KNPB dipulangkan

Selanjutnya

Masyarakat Nggolar minta bangunan pustu diselesaikan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua