PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Blokir situs Suara Papua, Kementerian Kominfo diminta bertanggung jawab
  • Rabu, 21 Desember 2016 — 18:58
  • 1291x views

Blokir situs Suara Papua, Kementerian Kominfo diminta bertanggung jawab

“Pemblokiran ini diduga salah satu bentuk pembungkaman kebebasan pers dan salah satu bentuk pemutusan hak atas informasi masyarakat khususnya masyarakat Papua,” ujar Asep seperti dikutip situs pusaka.co.id.
Jumpa Pers LBH Pers di Jakarta terkait pemblokiran situs Suara Papua, Rabu (21/12/2016)
Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor :

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Kuasa Hukum suarapapua.com, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers di Jakarta menilai Kementerian Kominfo telah melakukan tindakan sewenang-wenang dan melanggar kemerdekaan pers dan kebebasan bereskpresi.

Asep Komarudin dari LBH Pers, dalam jumpa pers yang dilakukan di Jakarta Rabu (21/12/2016) mengatakan bahwa tindakan pemblokiran situs suarapapua.com oleh pemerintah bertentangan dengan UU Pers dan tidak ada dasar hukumnya.

“Pemblokiran ini diduga salah satu bentuk pembungkaman kebebasan pers dan salah satu bentuk pemutusan hak atas informasi masyarakat khususnya masyarakat Papua,” ujar Asep seperti dikutip situs pusaka.co.id.

Suara Papua adalah media alternatif yang didirikan dan dikelola oleh anak-anak muda Papua atas keprihatianannya melihat pemberitaan di Papua dan Indonesia yang tidak melakukan peliputan dua sisi (cover both side) dalam pemberitaanya.

LBH Pers, bersama Perkumpulan Jubi, Yayasan Satu Keadilan, PapuaItuKita, Gema Demokrasi, Safenet dan Aji Indonesia, menyampaikan tuntutan dan mendesak kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Rudiantara, untuk memberikan klarifikasi tertulis serta memulihkan semua hak-hak dari kerugian yang telah dialami suarapapua.com.

Pemerintah juga harus mengungkap siapa yang melaporkan situs Suara Papua beserta alasannya secara terbuka.

“Kami juga mendesak Kepolisian RI untuk menyelidiki tindak pidana pembatasan aktifitas jurnalistik yang diduga dilakukan oleh Kominfo,” ujar Asep.

Pada kesempatan itu Asep Komarudin juga sampaikan bahwa Menteri Kominfo telah menyampaikan secara lisan kepada LBH Pers bahwa blokir website suarapapua.com sudah dibuka pada 20 Desember malam, pukul 1.00 WIB. Meskipun demikian, LBH Pers masih menuntut penyampaian resmi pemerintah.

Pembukaan blokir situs suarapapua.com dikonfirmasi oleh pemimpin redaksi Suara Papua, Arnold Belau kepada Jubi, Selasa (21/12/2016). “Ya sudah dibuka, tetapi masih sempat tidak bisa diakses melalui perangkat Smartphone.”

Dipantau Jubi saat ini situs sudah bisa diakses kembali.(*)

Sebelumnya

Terkait status ULMWP, MSG masih bahas pedoman keanggotaan

Selanjutnya

Dinggap intervensi sidang, delegasi Indonesia diprotes delegasi MSG

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua