Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Legislator sebut kelistrikan di wilayah pegunungan terkendala geografis
  • Kamis, 22 Desember 2016 — 08:24
  • 1191x views

Legislator sebut kelistrikan di wilayah pegunungan terkendala geografis

"Memang ada beberapa kabupaten di wilayah pegunungan yang sudah mendapat suplai listrik. Namun beberapa kabupaten lain, belum sepenuhnya. Ini lantaran faktor geografis. Terutama dalam mobilisasi alat-alat," kata Lazarus Siep via teleponnya, Rabu (21/12/2016).
Ilustrasi jaringan listrik - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, perwakilan dari wilayah pegunungan tengah, Lazarus Siep menyatakan, menyambut baik program kelistrikan di Papua yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Hanya saja kata anggota Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur tersebut, untuk wilayah pegunungan akan menghadapi berbagai kendala. Terutama dari sisi geografis.

"Memang ada beberapa kabupaten di wilayah pegunungan yang sudah mendapat suplai listrik. Namun beberapa kabupaten lain, belum sepenuhnya. Ini lantaran faktor geografis. Terutama dalam mobilisasi alat-alat," kata Lazarus Siep via teleponnya, Rabu (21/12/2016).

Yang menyulitkan mobilisasi alat-alat yang dibutuhkan menurut politisi PDI Perjuangan itu, adalah akses transportasi. Di wilayah pegunungan tengah Papua, sebagian besar akses dari kota ke distrik atau antar distrik dan distrik ke kampung, hanya bisa dijangkau dengan pesawat berbadan kecil.

"Hanya sebagian kecil daerah di wilayah pegunungan yang bisa dijangkau dengan akses darat. Inilah yang menghambat mobilisasi peralatan kelistrikan," ucapnya.

Untuk itu menurut Siep, sebelum membangun infrastruktur fisik lainnya, terlebih dahulu yang perlu dibenahi adalah infrastruktur jalan. Jika akses jalan dari satu daerah ke daerah lainnya sudah terhubung, tak sulit membangun sarana lain.

"Kalau semua wilayah di pegunungan tengah Papua sudah bisa dijangkau dengan transportasi darat, saya rasa tak sulit untuk membangun infrastruktur lainnya," katanya.

Legislator Papua lainnya, Stefanus Kaisiepo menyatakan, niat pemerintah pusat memperbaiki kelistrikan di Papua patut diapresiasi. Namun dalam pelaksanaannya akan mendapat berbagai tantangan.

"Tak hanya masalah anggaran, tapi juga masalah hak ulayat. Kita tahu di Papua, pembangunan infrastruktur sering kali terhambat karena masalah hak ulayat," kata Stef belum lama ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Telkomsel siapkan 172 BRS antisipasi lonjakan trafik

Selanjutnya

Program kereta api Papua Barat terus digenjot

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe