Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Terkait BBM Satu Harga, Luhut: "Kalau langsung baik ke surga saja"
  • Kamis, 05 Januari 2017 — 17:34
  • 999x views

Terkait BBM Satu Harga, Luhut: "Kalau langsung baik ke surga saja"

"Kalau ada kekurangan kami perbaiki pelan-pelan. Kalau langsung baik ke surga saja," ucap Menteri Luhut di Istana Bogor, Rabu (4/12017) seperti dilansir Tempo.co. Menurut Luhut persoalan penetapan BBM satu harga ialah distribusi.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan - Jubi/Victor Mambor
Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor :

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan meminta masyarakat bersabar menunggu langkah pemerintah memperbaiki kebijakan bahan bakar minyak satu harga di wilayah Indonesia Timur.

"Kalau ada kekurangan kami perbaiki pelan-pelan. Kalau langsung baik ke surga saja," ucap Menteri Luhut di Istana Bogor, Rabu (4/12017) seperti dilansir Tempo.co. Menurut Luhut persoalan penetapan BBM satu harga ialah distribusi.

Namun Luhut Pandjaitan tidak menjelaskan lebih lanjut rencana upaya perbaikan yang dimaksud pemerintah tersebut.
Meski demikian, dia mengklaim pemerintah cukup berhasil menekan harga pangan di daerah-daerah dan mulai menunjukkan perubahan.

Pada Okober 2016 lalu, Presiden Joko Widodo menerapkan kebijakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Papua dan Papua Barat.. Tujuan diterapkannya kebijakan itu dimaksudkan agar  masyarakat di Indonesia timur yang sebelumnya membeli dengan harga mahal bisa merasakan harga yang lebih murah.

PT Pertamina (Persero) tengah mendata daerah baru sebagai sasaran kebijakan harga bahan bakar minyak satu harga pada tahun depan. Kawasan itu adalah Kepulauan Riau, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Namun kebijakan itu rupanya belum didukung penuh dengan ketersedian Stasiun Pengisian Bahan Bakar.

Terpisah, Anggota Komisi I DPR-Papua yang membidangi masalah pemerintahan, hukum, dan HAM, Wilhelmus Pigai, Selasa (3/1/2017) seperti dilansir Antara, mengatakan persoalan tingginya harga BBM di pedalaman Papua menjadi masalah klasik yang berpuluh-puluh tahun tidak pernah terselesaikan.

Menurutnya ada banyak faktor yang menyebabkan harga BBM di wilayah pedalaman Papua selama ini sangat mahal yang imbasnya berpengaruh pada mahalnya harga barang kebutuhan pokok masyarakat dan harga bahan bangunan.
Selain karena alasan transportasi yang mahal dan sulit ke pedalaman, Wilhelmus menilai ada banyak pihak yang ikut bermain di air keruh dan menghambat pasokan BBM ke pedalaman Papua  untuk tujuan mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya.

Wilhelmus secara khusus meminta Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah daerah tingkat kabupaten di pedalaman Papua agar ikut mengawasi mekanisme distribusi maupun penjualan BBM di daerah-daerah pedalaman Papua.

"Pemprov Papua jangan hanya pangku tangan. Mereka harus kawal kebijakan ini agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk tujuan mencari keuntungan. Harus ada kontrol ketat dari Pemprov Papua dan Pemkab di daerah-daerah pedalaman Papua," kata politisi dari Partai Hanura itu.

Wilhelmus mendesak Gubernur Papua Lukas Enembe agar membentuk tim khusus guna memantau penyaluran BBM di wilayah pedalaman Papua. Tim tersebut, katanya, harus melaporkan distribusi dan harga BBM di kabupaten-kabupaten pedalaman Papua ke Gubernur Lukas Enembe, bahkan hingga ke tingkat Presiden Jokowi di Jakarta.

"Kami mengapresiasi langkah Polda Papua yang telah membentuk Satgas pemantau harga BBM di pedalaman. Kami berharap hal serupa dilakukan oleh Pemprov Papua dan Pemkab-Pemkab di pedalaman Papua agar program satu harga BBM di seluruh Indonesia termasuk di Papua benar-benar dirasakan oleh masyarakat pedalaman Papua," ujarnya.(*)

Sebelumnya

BPS: Kesenjangan dan kemiskinan tertinggi di Papua

Selanjutnya

Nafuki kecewa MSG tak segera pastikan keanggotaan ULMWP

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe