PapuaMart
close
Banner iklan disini
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. BPMK ingatkan aparat kampung gunakan Dandes dengan baik
  • Kamis, 05 Januari 2017 — 17:56
  • 432x views

BPMK ingatkan aparat kampung gunakan Dandes dengan baik

“Ini jelas sudah menyalahi aturan, karena dandes diberikan untuk pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan masyarakat kampung, seperti pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat,” ujarnya.
Masyarakat di Kampung Sabon, Distrik Waan, Kabupaten Merauke - Jubi/Ans K
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi -  Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Provinsi Papua mengingatkan aparat kampung di wilayahnya, untuk menggunakan dana desa (dandes) 2017 secara baik, sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Dandes 2017 harus diprioritaskan sesuai dengan ketentuan, yakni aparatur desa 30 persen, kemudian 70 persen untuk pemberdayaan masyarakat, dan kelembagaan masyarakat,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  Kampung (BPMK) Provinsi Papua, Donatus Motte kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Menurut ia, penggunaan Dandes (2016) selama ini di Papua belum dipergunakan dengan tepat. Ada beberapa kabupaten yang memakai dana tersebut untuk membeli kendaraan roda empat dan dua serta beberapa barang yang tidak sesuai ketentuan  dandes.

“Ini jelas sudah menyalahi aturan, karena dandes diberikan untuk pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan masyarakat kampung, seperti pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinanen. Dirinya mengimbau pemerintah kabupaten dan kota se Papua untuk menggunakan dandes secara tepat, guna mempercepat sarana dan prasarana seperti jalan dan irigasi desa, posyandu, Polindes serta pemberdayaan ekononomi masyarakat.
 
"Dandes yang masuk tahun ini sangat besar, jika digunakan secara tepat tentu desa desa di Papua akan maju dan sejahtera,” kata Hery.

Ia menekankan, dandes tidak boleh disalahgunakan, untuk itu pengawasan dari pemerintah kabupaten/kota diperlukan dengan menyiapkan instrumen secara baik.

“Pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi rakyaat harus diutamakan, tidak boleh digunakan untuk membeli sesuatu yang tidak membawa keuntungan, seperti kendaraan roda dua maupun empat,” tutupnya. (*)

Sebelumnya

Gubernur Papua minta capaian 2016 jadi acuan

Selanjutnya

Orpa di PLN "hampir punah"

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini
Stop Press

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua