close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Obama sesalkan perluasan permukiman Israel, sambil tingkatkan bantuan militer
  • Kamis, 22 September 2016 — 20:40
  • 729x views

Obama sesalkan perluasan permukiman Israel, sambil tingkatkan bantuan militer

Namun demikian, Obama dan Netanyahu masih tetap menegaskan persekutuan kedua negara tersebut sebelum pertemuan di Majelis Umum PBB. Netanyahu memuji kesepakatan bantuan militer AS untuk Israel yang ditandatangani pekan lalu.
Ilustrasi perluasan wilayah Israel sejak 1946 hingga tahun 2000 dalam konflik Palestina-Israel - IST
ANTARA
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

New York, Jubi - Presiden AS Barack Obama Rabu (21/9/2016) menyampaikan keprihatinan mendalam atas berlanjutnya pembangunan permukiman Israel, yang berdampak menghancurkan terhadap proses perdamaian Palestina-Israel.

Obama mengatakannya di sela-sela pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, di sesi debat umum pada Sidang Majelis Umum PBB ke-71 di New York.

Kedua pemimpin tersebut juga membahas hubungan Palestina-Israel dan peningkatan kerusuhan belakangan ini antara kedua pihak, kata seorang pejabat AS kepada wartawan setelah pertemuan itu.

AS menyampaikan keprihatinan terkait kegiatan permukiman Israel di wilayah pendudukan dan memperingatkan bahwa tindakan tersebut merusak prospek penyelesaian dua-negara.

Israel menduduki wilayah Tepi Barat Sungai Jordan, Jerusalem Timur dan Jalur Gaza, tempat tinggal lima juta orang Palestina, selama Perang Timur Tengah 1967.

Babak terakhir pembicaraan perdamaian antara Israel dan Pemerintah Otonomi Palestina berakhir pada April 2014 tanpa hasil.

Sejak itu, proses perdamaian telah macet akibat perbedaan mendalam menyangkut perbatasan dan berlanjutnya pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat. Setelah itu, tak ada upaya serius lagi untuk melanjutkan pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Namun demikian, Obama dan Netanyahu masih tetap menegaskan persekutuan kedua negara tersebut sebelum pertemuan di Majelis Umum PBB.  Netanyahu memuji kesepakatan bantuan militer AS untuk Israel yang ditandatangani pekan lalu.

"Itu sangat membantu tingkatkan keamanan Israel. Sekaligus wujud dari prinsip yang telah berulangkali anda (Obama) ucapkan bahwa Israel mesti bisa mempertahankan dirinya dengan kemampuan sendiri, terhadap setiap ancaman," kata Netanyahu mengenai kesepakatan yang akan memberi militer Israel USD 38 miliar dari tahun fiskal 2019 sampai 2028.

Kesepakatan baru untuk 10 tahun itu, merupakan satu janji terbesar dalam sejarah AS terkait bantuan militer. Jumlah itu meliputi USD 33 miliar melalui dana Pendanaan Militer Asing, dan komitmen USD 5 miliar bantuan pertahanan rudal yang tak pernah ada sebelumnya.

Obama mengatakan kesepakatan tersebut adalah petunjuk mengenai ikatan "yang tak terputuskan" antara AS dan Israel. "Apa yang dilakukannya adalah menyediakan jaminan dan landasan bagi berbagai jenis kerjasama intelijen dan militer, telah telah lama menandai hubungan kita," kata Obama.

Sebagian besar negara menganggap pembangunan permukiman Israel di Tepi Barat sebagai tindakan ilegal dan menghambat upaya perdamaian. Namun Israel menolak anggapan tersebut dengan mengatakan masyarakat Yahudi sudah tinggal di wilayah itu selama beribu-ribu tahun.(*)

loading...

Sebelumnya

Perlakuan rasis aparat keamanan AS, picu kerusuhan di Charlotte-AS

Selanjutnya

Demonstran protes penembakan pria kulit hitam

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4876x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4299x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4169x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3493x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2956x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe