Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Tahun ini BPS Jayapura lakukan sensus OAP
  • Selasa, 10 Januari 2017 — 11:59
  • 864x views

Tahun ini BPS Jayapura lakukan sensus OAP

“Sensus khusus bagi OAP ini sudah kami rencanakan tahun lalu, drafnya sudah kami susun dan diserahkan kepada Bappeda. Tinggal persetujuan dan anggarannya,” katanya.
Persentase jumlah penduduk di Kabupaten Jayapura berdasarkan data BPS kabupaten Jayapura - Dok. BPS
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura berencana melakukan sensus atau pencacahan terhadap orang asli Papua (OAP) pada tahun ini.

Data BPS Jayapura menyebutkan jumlah penduduk Kabupaten Jayapura per tahun 2015 sebanyak 121.410 jiwa.

“Dari jumlah secara umum ini kita akan pilah-pilah lagi secara khusus bagi OAP. Untuk itu, perlu adanya kerja sama dengan sejumlah pihak dalam pelaksanaannya. Karena dilihat dari situasi dan topografi daerah ini tidak semua dalam skala yang mudah,” kata Kepala BPS Jayapura, Jeffry de Fretes ketika dihubungi Jubi di Sentani melalui selulernya, Senin (9/1/2017).

Ia mengatakan tidak mudah melakukan sensus di kabupaten dengan 19 distrik, 5 kelurahan dan 139 kampung itu. Oleh karena itu, BPS memulainya dari tiap keluarga, berapa jumlah anggota keluarga, status pekerjaan, usaha, pendidikan dan penghasilan yang didapat.

“Sensus khusus bagi OAP ini sudah kami rencanakan tahun lalu, drafnya sudah kami susun dan diserahkan kepada Bappeda. Tinggal persetujuan dan anggarannya,” katanya.

Staf BPS Jayapura, Deve Lewerisa menilai sensus untuk OAP sangat penting. Pasalnya bahwa jumlah penduduk di kabupaten ini terus bertambah saban tahun.

“Kedepan tentunya daerah ini akan terus mengalami perubahan, baik dari fisik tata kota maupun jumlah penduduknya. Selama belum ada data yang akurat terhadap OAP, maka dalam kesempatan lain kita tidak akan pernah tahu berapa jumlah OAP secara pasti di daerah ini. Oleh sebab itu, sensus yang dilakukan ini tentunya berkaitan dengan jumlah OAP, tingkat pendidikan, ekonomi dan pendapatan yang dihasilkan,” kata Deve. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

BKD Jayapura akan berhentikan ASN “bandel”

Selanjutnya

Repang Muaf didorong jadi Kampung Ekowisata Cenderawasih

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe