Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Legislator Papua pertanyakan proses rekrutmen calon anggota MRP
  • Selasa, 10 Januari 2017 — 15:56
  • 777x views

Legislator Papua pertanyakan proses rekrutmen calon anggota MRP

Menurutnya, kondisi ini tak bisa dibiarkan. Harus dikritisi. Kritis bukan berarti tak suka, tapi mengingatkan pihak yang berwenang agar tak lalai dalam mengemban tugas yang dipercayakan Pemerintah Provinsi Papua.
Ilustrasi papan nama Kantor MRP - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, Emus Gwijangge mempertanyakan sejauh mana tahapan yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) atau Panitia Pemilihan Majelis Rakyat Papua (MRP) dalam proses rekrutmen calon anggota MRP periode lima tahun kedepan.

Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM itu mengatakan, Oktober 2017 lalu, Gubernur Papua, Lukas Enembe telah melantik anggota Pansel MRP dan pengawas. Namun hingga kini sejauh mana tahapan yang dilakukan belum ada kejelasan.

"Saya tak tahu sejauh mana perkembangan rekrutmen calon anggota MRP oleh Pansel MRP. Ini masa perpanjangan jabatan anggota MRP untuk ketiga kalinya oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah berakhir Januari 2017 ini. Tapi sejauh mana tahapan kerja Pansel MRP belum diketahui," kata Emus kepada Jubi via telepinnya, Selasa (10/1/2016).

Menurutnya, kondisi ini tak bisa dibiarkan. Harus dikritisi. Kritis bukan berarti tak suka, tapi mengingatkan pihak yang berwenang agar tak lalai dalam mengemban tugas yang dipercayakan Pemerintah Provinsi Papua.

"Ini harus dikritisi. Beberapa waktu lalu, alasannya karena akhir tahun 2016 libur. Kini sudah Januari 2017, kapan tahapan rekrutmen berjalan. Ini masyarakat sudah tunggu-tunggu. Pansel MRP sudah dipercayakan sama gubernur, mereka harus bekerja maksimal menjaga kepercayaan itu," ucapnya.

Ia khawatir, jika hingga kini tak ada kejelasan sejauh mana tahapan yang dilakukan, akan menimbulkan berbagai tanda tanya dan dugaan.

Salah satu anggota Pemilihan MRP, Fien Yarangga ketika dihubungi Jubi via teleponnya untuk menanyakan sejauh mana tahapan yang dilakukan Pansel MRP tak memberikan jawaban. Namun melalui pesan singkat, Fien Yarangga menyatakan akan memberikan keterangan, Kamis (12 Januari 2017).

"Hari Kamis (12/1/2017) jam 11:00 e," katanya via pesan singkat.

Informasi yang didapat, yang bersangkutan kini sedang berada di luar daerah.

12 Oktober 2016 lalu, Gubernur Papua, Lukas Enembe melantik Panitia Pemilihan anggota MRP periode 2016-2021 dan dua pengawas.

"Semua tahapan pemilihan anggota MRP jilid III akan dimulai usai pelantikan. Untuk itu panitia dan pengawas pemilihan anggota MRP tingkat provinsi harus bekerja secara profesional serta berdasarkan ketentuan yang belaku," kata Enembe ketika pelantikan.  

Katanya, panitia dan pengawas jangan keluar dari aturan yang ada dalam Perdasus rekrutmen anggota MRP. Aturan itu harus dijadikan acuan agar tak menimbulkan masalah. (*)

loading...

Sebelumnya

TPN-OPM pimpinan Goliat Tabuni dukung perjuangan ULMWP

Selanjutnya

Yus Wenda sudah jalani vonis di Timika, tapi kenapa masih ditahan?

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe