PapuaMart
close
Banner iklan disini
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Jokowi: pengibar bintang kejora di KJRI Melbourne kriminal murni
  • Selasa, 10 Januari 2017 — 19:38
  • 831x views

Jokowi: pengibar bintang kejora di KJRI Melbourne kriminal murni

Presiden sudah meminta Menlu Retno Marsudi agar menyampaikan permintaan kepada Pemerintah Australia untuk mengambil tindakan pencegahan agar kejadian serupa tak terulang. “Menlu sudah menyampaikan ke sana permintaan itu,” ujarnya.
Presiden Indonesia, Joko Widodo - tempo.co
Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kasus penerobosan dan pengibaran bendera Bintang Kejora di kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne Australia Jumat lalu adalah tindakan kriminal dan urusan dalam negeri Australia.

“Itu urusan dalam negeri Australia, itu urusan kriminal, tidak ada hubungannya dengan NKRI, enggak ada,” kata Presiden Jokowi usai meninjau pembangunan tol Batang-Semarang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (9/1) siang seperti dilansir situs Humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Presiden sudah meminta Menlu Retno Marsudi agar menyampaikan permintaan kepada Pemerintah Australia untuk mengambil tindakan pencegahan agar kejadian serupa tak terulang. “Menlu sudah menyampaikan ke sana permintaan itu,” ujarnya.

Sebelumnya Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa dirinya telah melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, pada Sabtu 7 Januari 2017, untuk meyakinkan perlunya Pemerintah Australia melakukan investigasi dan memproses hukum pelaku kriminal tersebut.

“Dubes RI Canberra juga terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah dan Otoritas Australia guna memastikan keamanan semua misi dan staf Diplomatik Konsuler Indonesia di Australia,” kata Menlu sebagaimana dikutip situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sabtu (7/1) lalu.

Presiden ‘ingatkan Nurmantyo’

Menyusul ‘ancaman’ Panglima TNI Gatot Nurmantyo terkait pemutusan kerjasama militer dengan Australia setelah insiden bahan ajar yang dianggap menghina Indonesia, Presiden Jokowi seperti dilansir RNZI Selasa (10/1) dikatakan justru mengingatkan Nurmantyo atas sikapnya yang dianggap ‘diluar kendali’.

Informasi dari sumber pemerintah Indonesia tersebut mengatakan Presiden sudah bertemu Jenderal Nurmantyo minggu lalu menanggapi pernyataan Nurmantyo yang “secara sepihak” hendak memutuskan kerjasama militer Indonesia-Australia itu.

Intervensi ini, menurut sumber pejabat senior pemerintah Indonesia tersebut, dilakukan Joko Widodo sebagai presiden sipil yang dibutuhkan untuk menunjukkan otoritasnya sebagai panglima tertinggi di Indonesia.

Pejabat tersebut mengatakan ada perasaan bahwa Jenderal Nurmantyo telah bertindak “diluar kendali”.

Penerobos KJRI

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan polisi masih menyelidiki identitas dua orang yang menerobos kantor Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Australia.

"Informasi dari KJRI, polisi setempat sedang mencari pengunggah video, masih dicari karena yang bersangkutan (pelaku) tak memiliki alamat permanen," ujar Arrmanatha dilansir Tempo.co, Selasa, (10/1/2017).

Video yang dimaksud Arrmanatha, berisi aktivitas salah satu pelaku yang menyusup ke KJRI dan memasang bendera Bintang Kejora. Dalam video yang tersebar di media sosial itu, pelaku masuk setelah melompati tembok setinggi 2,5 meter dalam kondisi minim penjagaan.

"Polisi berkoordinasi dengan apartemen di sebelahnya, menginvestigasi dari CCTV, karena pelaku menerobos dari apartemen untuk bisa naik ke pagar kita (KJRI Melbourne)," tutur Arrmanatha.

Dia membenarkan bahwa keamanan di Kedutaan Besar RI dan KJRI kini ditingkatkan. "Setiap tahun kami melakukan evaluasi terhadap keamanan di seluruh perwakilan, baik fisik dan lainnya selalu kita 'review'."(*)

Sebelumnya

Aktivis pro West Papua: Indonesia hiper-sensitif

Selanjutnya

Pusat diminta segera beri kejelasan perpanjangan izin ekspor Freeport

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini
Stop Press

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua