Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Klinik Senyum Papua terobosan Orang Asli Papua
  • Rabu, 11 Januari 2017 — 18:02
  • 1116x views

Klinik Senyum Papua terobosan Orang Asli Papua

Klinik yang baru berjalan satu bulan itu diawali dari proposal yang diberikan lulusan Stikes Jayapura tersebut kepada kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Kepala Dinas menyambut baik dengan memberikan obat malaria gratis.
Pelayanan kesehatan gratis di Klinik Senyum - Jubi/Yance Wenda
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Syofiardi

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Yariknus Jikwa, S. Kep membuat suatu terobosan di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mendirikan sebuah klinik bernama ‘Senyum Papua’ di Kabupaten Jayapura.

“Saya bersyukur kepada Tuhan karena mengasih ide-ide baru kepada saya, apalagi saya ini anak putera daerah, karena kebanyakan yang membuka usaha di Papua ini non-Orang Asli Papua (OAP),” kata pimpinan klilnik itu kepada Jubi ketika menemui di kliniknya Senin (9/1/2017).

Klinik yang baru berjalan satu bulan itu diawali dari proposal yang diberikan lulusan Stikes Jayapura tersebut kepada kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Kepala Dinas menyambut baik dengan memberikan obat malaria gratis.

“Dengan mendapatkan obat malaria ini saya dapat menolong masyarakat yang ada di Kabupaten jayapura, terlebih di  Doyo, Sabron, Kali Ular, dan sekitarnya, masyarakat bisa datang berobat ke Klinik Senyum Papua dengan mendapatkan obat malaria gratis, dan pasien cuma membayar biaya periksa darah,” katanya.

Mulai 1 Januari 2017, kata Jikwa, kliniknya bekomitmen untuk memberikan pengobatan gratis, terlebih khusus kepada pendeta. Mulai pemeriksaan darah, suntik, dan pengobatan semuanya gratis.

Klinik Senyum Papua memiliki seorang dokter, seorang analis, seorang apoteker, dan dua orang perawat, ditambah dengan pembina dan sekretaris.

Karena baru, klinik ini belum begitu ramai. Sebulan berjalan pengunjung paling banyak sehari baru enam orang, terkadang satu-dua.

Warga Doyo Baru, Yasep Kreuta mengatakan, dengan adanya Klinik Senyum Papua ia tidak tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota berobat.

“Kami baru tahu dan kami senang juga karena untuk OAP itu digratiskan untk periksa darah dan berobat malaria, juga gartis untuk pendeta dengan hanya membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan Surat Kuasa (SK) dari gereja yang mereka injili,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Anggaran BKKBN untuk Papua naik menjadi Rp78 miliar

Selanjutnya

Sampah bertebaran di toilet pengunjung RSUD Yowari

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe