Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Lebih suka jadi ASN, anak-anak asli Papua diperkuat mentalnya
  • Kamis, 12 Januari 2017 — 17:57
  • 1642x views

Lebih suka jadi ASN, anak-anak asli Papua diperkuat mentalnya

Menurutnya, sampai saat ini kebanyakan anak anak Papua lebih memilih untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), padahal pada saat mengikuti pelatihan dan pembinaan di BLKI, mereka menunjukan kemampuan untuk bekerja di swasta.
Ilustrasi Pencaker Papua yang mengikuti pelatihan di BLKI - Dok. Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Provinsi Papua mengajak tenaga kerja lokal di wilayahnya, untuk memperkuat mental sehingga ketika diterima kerja mampu bertahan dan bersaing dengan pekerja lainnya.

"Selama ini yang menjadi kendala anak magang adalah ketika mereka sudah diterima bekerja, terkadang tidak sampai dua bulan mereka sudah berhenti dari tempat kerja, padahal mereka memiliki keahlian yang sangat baik," kata Kepala BLKI Papua Frans Kopong kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (12/1/2016).

Menurutnya, sampai saat ini kebanyakan anak anak Papua lebih memilih untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), padahal pada saat mengikuti pelatihan dan pembinaan di BLKI, mereka menunjukan kemampuan untuk bekerja di swasta.

"Pada dasarnya mereka mau jadi ASN, karena mungkin mereka lebih lebih bebas dari pada di perusahaan swasta," ujarnya.

Disamping itu, ujar Frans, pihaknya akan tetap menyiapkan tenaga kerja untuk magang ke Jepang, meski program tersebut belum ada pasti.

"Saat ini untuk Papua kayaknya belum, karena ada masalah yang pernah dibuat oleh anak Papua pada waktu lalu, sehingga kerjasamanya belum dilanjutkan," tambahnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonimian dan Kesejahteraan Sekda Papua Elia Loupatty menegaskan, menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pemerintah Provinsi Papua meningkatkan kemampuan SDM melalui sertifikasi .

"Hanya dengan SDM yang terampil dan bersertifikasi kita bisa bersaing di Asean. Ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, karena itu Pemda telah melaksanakan sertifikasi di berbagai bidang di BLKI," kata Elia. (*)

loading...

Sebelumnya

Telkomsel berada di peringkat ke-7 di dunia Customer Base

Selanjutnya

Warga Heram minta pasar dibangun di Terminal Sentani-Waena

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe