Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Repang Muaf didorong jadi Kampung Ekowisata Cenderawasih
  • Kamis, 12 Januari 2017 — 19:56
  • 911x views

Repang Muaf didorong jadi Kampung Ekowisata Cenderawasih

Dikatakannya, hutan konservasi yang akan menjadi tempat ekowisata bagi masyarakat umum hendaknya bernilai ekonomis. Sehingga pemilik ulayat yang mengelolanya pun tidak kesulitan untuk melakukan sosialisasi.
Kepala BLH Papua, Noak Kapisa saat workshop Pengembangan Eko Wista Bird Watching Isyo Hill – Repang Muaif di Sentani, Kamis (12/1/2017) – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Papua mendorong Kampung Repang Muaif, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura menjadi kampung ekowisata burung cenderawasih.

Hal itu dikatakan Kepala BLH Papua, Noak Kapisa saat workshop Pengembangan Eko Wista Bird Watching Isyo Hill – Repang Muaif yang digelar WWF Indonesia Region Papua dan Badan Perencanaan Daerah (Bapeda ) Kabupaten Jayapura di Sentani, Kamis (12/1/2017).

“Hasil rekomendasi dari konferensi internasional tentang keanekaragaman hayati, ekowisata dan ekonomi tahun 2016 adalah mendorong agar Kampung Muaif ini dijadikan sebagai tempat ekowisata burung dan hutan konsevasi. Tentunya akan dimulai dengan pemetaan wilayah, status tanah dan hutan serta keanekaragaman hayati yang ada di tempat tersebut,” kata Noak.

Dikatakannya, hutan konservasi yang akan menjadi tempat ekowisata bagi masyarakat umum hendaknya bernilai ekonomis. Sehingga pemilik ulayat yang mengelolanya pun tidak kesulitan untuk melakukan sosialisasi.

Menurutnya, tempat ini akan menjadi sesuatu yang sangat unik dibandingkan dengan tempat-tempat wisata umumnya.

“Sekalipun nanti dikelola masyarakat adat, tempat tersebut harus menjadi sumber pendapatan bagi masyarakatnya. Hal terenting dalam pengelolaan ekowisata ini  juga ada hutan konservasinya yang menjadi media untuk edukasi bagi siapa saja yang berkunjung ke sana,” katanya.

Pihak Nothern New Gunea Leader WWF Indonesia Program Papua melalui Piter Roki Alosius tetap memberikan dukungan penuh terhadap pegembangan ekowisata tersebut, yaitu dalam bentuk kajian akademis dan kelembagaan. Sehingga tempat ini benar-benar mejadi tempat yang penting bagi siapa saja.

“Kenapa dikatakan penting? Karena daerah ini dapat dijumpai beraneka jenis burung, termasuk cenderawasih dengan berbagai jenis. Oleh sebab itu, faktor pendukung yang penting diperhatikan adalah keanekaragaman hayati yang dimiliki ini benar-benar harus dijaga dan dilindungi dengan baik. Masyarakat adat setempat juga memberikan dukungan penuh terhadap program ini sehingga kedepannya kita berharap apa yang direncanakan ini dapat berlangsung dengan baik,” kata Piter.

Pengelola ekowisata Kampung Repang Muaif, Aleks Waisimon menyesalkan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura yang dinilai tidak peka terhadap potensi yang ada.

Menurut Aleks, ekowisata Kampung Repang Muaif merupakan proyek percontohan di Papua dan Jayapura.

“Perlu diketahui juga bahwa genarasi kita saat ini sama sekali tidak mengetahui jenis-jenis burung cenderawasih dengan baik, mereka hanya tahu melalui foto dan gambar-gambar burung cederawasih yang beredar di dunia maya,” katanya.

Di kampung ini ada tujuh jenis cenderawasih dari sembilan jenis yang beredar di hutan Papua.

“Kita hanya tahu yang warnanya kuning saja, tetapi di tempat kami ada beberapa warna dan jenis yang dapat dijumpai,” katanya.

“Sebagai pengelola saya sangat membuka diri bagi siapa saja yang ingin datang dan melihat keberadaan mereka. Saya berharap agar pihak pemerintah daerah melalui instansi terkait juga dapat menyeriusi pengelolaan sumber daya alam yang kita miliki, katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Tahun ini BPS Jayapura lakukan sensus OAP

Selanjutnya

Anak sekolah tetap semangat ke sekolah meski danau Sentani meluap

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe