Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemprov Papua imbau masyarakat antisipasi curah hujan
  • Minggu, 15 Januari 2017 — 16:18
  • 466x views

Pemprov Papua imbau masyarakat antisipasi curah hujan

"Menurut informasi dari BMKG saat ini curah hujan masih tergolong sedang, namun di Februari akan sanggat tinggi. Baru tergolong sedang saja beberapa ruas jalan dan perumahan sudah dilanda banjir, apalagi nanti," ucapnya.
Pemerintah Provinsi Papua saat meninjau banjir yang terjadi di perumahan Organda, Kota Jayapura bebrapa waktu lalu - Dok. Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi curah hujan yang terjadi di awal tahun 2017, mengingat berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan cura hujan saat ini tidak menentu dan terkadang disertai angin, sehingga masyarakat perlu mengantisipasi, terutama yang tinggal di sekitar daerah resapan air dan lereng-lereng gunung.

"Masyarakat sudah seharusnya sadar dan waspada, jangan tunggu terjadi banjir ataupun longsor dulu," kata Elia kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Menurut dia, Desember 2016 hingga Januari 2017 intensitas hujan masih tergolong sedang, namun memasuki Februari curah hujan yang akan mengguyur Bumi Cenderawasih diperkirakan sedang hingga tinggi. Untuk itu, masyarakat harus tingkatkan kewaspadaan.

"Menurut informasi dari BMKG saat ini curah hujan masih tergolong sedang, namun di Februari akan sanggat tinggi. Baru tergolong sedang saja beberapa ruas jalan dan perumahan sudah dilanda banjir, apalagi nanti," ucapnya.  

Dia menambahkan, informasi perubahan cuaca banyak disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jayapura baik lewat media cetak maupun elektronik. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika seluruh masyarakat membaca dan tingkatkan kewaspadaan.

Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Provinsi Papua mengajak masyarakat Kota dan Kabupaten Jayapura untuk menjaga daerah resapan, pasalnya beberapa titik daerah resapan sudah tidak berfungsi dengan baik.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Provinsi Papua, Noak Kapisa mengatakan tidak berfungsinya daerah resapan terbukti terendamnya beberapa titik oleh air, seperti yang terjadi di wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura beberapa hari ini.

"Masyarakat harus tau pentingnya daerah resapan, sehingga masyarakat harus menjaganya dengan baik," kata Noak.

Menurut ia, sampai saat ini pemerintah sudah berupaya maksimalkan untuk bagaimana mengadvokasi masyarakat untuk tetap menjaga daerah resapan, bahkan ada peraturan daerah yang mengingatkan masyarakat untuk menjaga.

"Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota sudah berupaya maksimal. Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk turut andil dalam menjaga daerah resapan," ucapnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Disnakerduk merasa perlu ada survei tenaga kerja lokal

Selanjutnya

Kabupaten/Kota di Papua diminta konsisten jaga hutan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua