Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Kabupaten/Kota di Papua diminta konsisten jaga hutan
  • Minggu, 15 Januari 2017 — 16:39
  • 769x views

Kabupaten/Kota di Papua diminta konsisten jaga hutan

"Kami ingin pertumbuhan ekonomi harus bergerak dan berkelanjutan. Jangan sampai pada masa-masa yang akan datang generasi Papua tidak bisa lagi membangun," ucapnya.
Ilustrasi Hutan di Papua - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua mengimbau kepada seluruh kabupaten/kota untuk tetap menjaga hutan. Pasalnya 84 persen penduduk Bumi Cenderawasih mendiami seluruh wilayah hutan.

"Papua selain dianggap paru-paru dunia, 84 persen penduduk hidup di wilayah hutan. Makanya kalau mau jaga masyarakat konsekuensinya harus tetap menjaga hutan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Muhammad Musa'ad, di Jayapura belum lama ini.

Ia tekankan, sampai saat ini pemerintah provinsi Papua masih tetap konsisten untuk menjaga hutan di Papua, dan telah memasukannya dalam RPJMD, dimana pendekatan pertama dilakukan pembangunan yang berpihak pada masyarakat.  

"Kami ingin pertumbuhan ekonomi harus bergerak dan berkelanjutan. Jangan sampai pada masa-masa yang akan datang generasi Papua tidak bisa lagi membangun," ucapnya.

Pmerintah provinsi, lanjutnya, telah menegaskan kaitannya dengan membangun kawasan, dengan begitu pihaknya mencoba membangun konsep 100 tahun pembangunan Papua, dengan dibantu teman-teman dari berbagai elemen. "Ini harapan kami, sehingga akan kami sosialisasikan terus menerus," tambahnya.

Disamping itu, pemerintah provinsi Papua juga sudah miliki sistem manajemen tata ruang (SIMTARU), dimana dengan sistem ini semuanya akan jadi mudah, baik mengenai lahan kosong, lahan berijin dan sebagainya.

"Dengan demikian investor yang datang juga bisa terhindar dari calo karena akan pasti ruang itu sesuai dengan tata ruang atau tidak, sehingga semua orang bisa mengetahui dengan jelas," kata Musa'ad.

Hal senada disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty. Dirinya mengatakan pihaknya tidak secara sembarang mengeluarkan izin pengelolaan hutan kepada pihak swasta.

"Kami tidak sembarang untuk keluarkan izin, karena itu hutan di Papua masih sangat terjaga," kata Elia.

Ia tekankan, ada aturan yang dipakai sebagai acuan supaya setiap kebijakan yang diambil tak keluar dari jalur perundang undangan, apalagi soal pengelolaan hutan di Bumi Cenderawasih.

"Kita ini negara bukan sembarangan, kami juga tau melestarikan hutan. Makanya di struktur lembaga pemerintahan ada instansi yang menangani pengelolaan hutan dan lingkungan hidup. Bahkan kami tak gampang memberi izin," ucapnya.

"Sangat penting bagi kami di Papua untuk menjaga kelestarian hutan Papua supaya menjadi paru paru dunia. Dan sampai saat ini dengan bangga saya katakan kita masih konsisten 83 persen menjaga hutan, kemudian hanya 17 persen yang dikelola secara ekonomi," tutupnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemprov Papua imbau masyarakat antisipasi curah hujan

Selanjutnya

Pemprov Papua monitor produk komoditas unggulan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe