PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lingkungan
  3. Legislator ingatkan pemprov Papua normalisasi sungai di Keerom
  • Senin, 16 Januari 2017 — 17:26
  • 1020x views

Legislator ingatkan pemprov Papua normalisasi sungai di Keerom

"Jangan sampai kejadian seperti itu terus terulang. Akibatnya mengganggu aktivitas masyarakat. Harus ada langkah kongkrit dari pemerintah," katanya.
Ilustrasi banjir di Pasar Youtefa - Dok. Jubi

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, Bobirius Yikwa mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Dina Pekerjaan Umum (PU) dan Balai Sungai agar bisa menormalisasi sungai di wilayah Kabupaten Keerom lantaran setiap hujan deras beberapa daerah di kabupaten itu banjir akibat meluapnya air sungai.

Ia mengatakan, ketika hujan mengguyur Kabupaten Keerom beberapa hari lalu, sejumlah wilayah terendam banjir diantaranya Arso VII, Arso VIII dan Arso II dan beberapa titik di Arso Kota.

"Saya kebetulan tinggal di Kabupaten Keerom sehinggga tahu apa yang menyebabkan banjir ketika hujan dari wilayah itu. Makanya saya minta Pemprov Papua dan pihak terkait lainnya melakukan normalisasi sungai yang ada di Arso dan sekitarnya," kata Bobi, Senin (16/1/2017).

Menurut politisi Partai Demokrat itu, ia akan menyampaikan hal tersebut kepada gubernur Papua. Pihak terkait dinilai perlu segera mengambil tindakan agar kejadian itu tak terus terulang ketika hujan.

"Memang sudah ada beberapa sungai yang sudah ditalud. Namun ada beberapa sungai yang butuh normalisasi. Air dari sungai-sungai inilah yang meluap ketika hujan. Akibatnya, sejumlah wilayah terendam banjir. Sungai-sungai ini perlu segera dinormalisasi," ucapnya.

Katanya, peran pemerintah kabupaten juga dibutuhkan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir di daerahnya. Pemerintah daerah harus bisa melakukan pencegahan dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Jangan sampai kejadian seperti itu terus terulang. Akibatnya mengganggu aktivitas masyarakat. Harus ada langkah kongkrit dari pemerintah," katanya.

Salah satu warga Kota Jayapura, Afandi mengatakan, tak hanya di Kabupaten Keerom, di Kota Jayapura mengalami hal yang sama ketika hujan turun dalam waktu yang cukup lama.

"Sejumlah titik terendam banjir. Tak hanya jalan tapi juga permukiman warga. Salah satu langganan banjir Perumahan Organda, Padang Bulan dan Pasar Tradisional Youtefa," kata Afandi.

Katanya, bantuan bahan makanan yang diberikan pemerintah kepada warga yang sering terdampak bajir bukanlah hal utama. Yang dibutuhkan tindakan nyata dari pemerintah agar kejadian seperti itu tak terus terulang setiap musim hujan. (*)

Sebelumnya

Curah hujan tertinggi di Kota Jayapura akan terjadi Maret

Selanjutnya

Ulang tahun ke-16, CPA berikan penghargaan kepada sejumlah pihak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua