Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ibukota
  3. Kementerian ESDM buka peluang BUMD sediakan listrik desa
  • Senin, 16 Januari 2017 — 20:47
  • 2411x views

Kementerian ESDM buka peluang BUMD sediakan listrik desa

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuka peluang seluasnya bagi badan usaha milik daerah dan perusahaan swasta serta koperasi untuk menyediakan listrik di 2.500 desa.
Ilustrasi. Kementerian ESDM buka peluang BUMD dan swasta sediakan listrik desa. –tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jakarta, Jubi – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuka peluang seluasnya bagi badan usaha milik daerah dan perusahaan swasta serta koperasi untuk menyediakan listrik di 2.500 desa.

Melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 38 Tahun 2016 tentang Percepatan Elektrifikasi di Perdesaan Belum Berkembang, Terpencil, Perbatasan dan Pulau Kecil Berpenduduk Melalui Pelaksanaan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik Skala Kecil (UPTLSK), pemerintah mendorong percepatan upaya menerangi desa-desa yang belum menikmati listrik.

"Prinsipnya PLN tetap diberi tugas untuk melistriki desa. Tetapi ada pihak lain entah BUMD, swasta kami beri keleluasaan jika mereka punya kemampuan melistriki desa," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman usai acara "coffee morning" di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan Jakarta, Senin (16/1).

Jarman mengatakan semua unsur pemangku kepentingan dan masyarakat dapat mendukung elektrifikasi pada 2.500 desa yang belum dialiri listrik. Ia mencontohkan salah satunya PD Tuah Sekata yang merupakan BUMD dari Kabupaten Pelalawan, Riau, telah melistriki tiga kecamatan di wilayah usahanya, yakni di Pangkalan Kerinci, Teluk Meranti dan Kawasan Industri Technopark. Jumlah pelanggan dari PD Tuah Sekata hingga November 2016 sebanyak 6.442 orang.

Jika tidak ada BUMD maupun perusahaan swasta yang menyediakan tenaga listrik di 2.500 desa yang belum teraliri listrik, maka gubernur berwenang menunjuk BUMD setempat untuk melaksanakan penyediaan listrik.

Kementerian ESDM menilai meskipun Rasio Elektrifikasi Nasional pada akhir 2016 telah mencapai 91,16 persen, kenyataannya masih banyak desa, terutama daerah perbatasan dan pulau terluar yang belum dialiri listrik.

Berdasarkan data Ditjen Ketenagalistrikan, ada 2.510 desa di tujuh provinsi yang belum dilistriki, yakni Papua, Papua Barat, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Barat. Ada 2.111 desa di Papua yang belum dialiri listrik, namun 429 desa di antaranya telah masuk dalam program pembangunan listrik desa (Lisdes) PLN 2017-2019. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Jokowi akan lakukan land reform besar-besaran di tahun 2017

Selanjutnya

Pemerintah tambah kuota impor gula mentah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe