Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Kemenhub diminta segera realisasikan subsidi kargo di Papua
  • Selasa, 17 Januari 2017 — 11:06
  • 1286x views

Kemenhub diminta segera realisasikan subsidi kargo di Papua

"Subsidi kargo itu hingga kini belum terealisasi lantaran masih terkendala ijin. Kemenhub perlu segera merealisasikan hal itu. Jangan terlalu mempersulit ijin pelayanan kargo untuk wilayah pengunungan Papua," kata Lazarus kepada Jubi, Senin (16/1/2017).
Ilustrasi Salah Satu Pesawat Kargo yang Melayani Wilayah Pegunungan Tengah Papua - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Dominggus Mampioper

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diminta segera merealisasikan rencana subsidi kargo atau jasa angkut barang menggunakan pesawat ke wilayah pedalaman Papua.

Anggota Komisi IV DPR Papua yang membidangi perhubungan, Lazarus Siep mengatakan, subsidi kargo untuk Papua perlu segera direalisasikan karena dengan begitu bisa menekan harga kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya di wilayah pedalaman Papua.

"Subsidi kargo itu hingga kini belum terealisasi lantaran masih terkendala ijin. Kemenhub perlu segera merealisasikan hal itu. Jangan terlalu mempersulit ijin pelayanan kargo untuk wilayah pengunungan Papua," kata Lazarus kepada Jubi, Senin (16/1/2017).

Menurutnya, dengan adanya subsidi kargo bisa menekan mahalnya harga ongkos angkut ke wilayah pedalaman Papua. Dengan begitu tentu akan berdampak terhadap harga kebutuhan di pedalaman Papua.

"Ini sangat penting. Perlu terus didorong. Peran aktif pemerintah daerah juga dibutuhkan. Selama ini yang membuat harga kebutuhan di pedalaman Papua mahal lantaran mahalnya ongkos angkut," ucapnya.  

Mahalnya ongkus angkut itu kata dia, lantaran akses ke wilayah pegunungan Papua, terutama pegunungan tengah hanya bisa dijangkau dengan pesawat udara.

"Saya pikir masyarakat juga kini menantikan terealisasinya kebijakan itu. Kalau memang kendalanya ijin, perlu segera dicarikan solusi. Harus ada langkah yang diambil pemerintah agar subsidi kargo ini segera direalisasikan," katanya.

Sejak tahu lalu Kemnhub berencana memberlakukan subsidi kargo untuk wilayah Papua. Kebijakan itu rencananya akan diberlakukan tahun ini. Alokasi anggaran untuk subsidi khusus angkutan barang itu diperkirakan mencapai Rp55 miliar. Kabarnya kementerian terkait masih melakukan kajian regulator rute penerbangan barang itu.

"Kami masih mencari skema mana yang lebih signifikan. Apakah barang yang disubsidi atau maskapai agar ongkos angkut tidak terlalu mahal,atau mungkin ada cara lain yang lebih efektif," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Publik/Hubungan Internasional, Dewa Made Sastrawan belum lama ini seperti dikutip dari sejumlah media. (*)

loading...

Sebelumnya

Penjabat Wali Kota : Jaringan Telkom buruk menghambat aktivitas masyarakat

Selanjutnya

Terkait kabel FO yang putus, Telkom bantah pakai barang murahan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe