PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Meepago
  3. Sebagian besar kampung di Intan Jaya gunakan sistem noken
  • Kamis, 19 Januari 2017 — 19:42
  • 1333x views

Sebagian besar kampung di Intan Jaya gunakan sistem noken

"Pelan-pelan. Kami tetap berusaha. Memang tak mudah langsung mengubah itu. Harus kerja keras. Apalagi ini kabupaten baru. Tingkat pemahaman masyarakat terus berporses dan sesuai perkembangan di daerah," ucapnya.
Masyarakat di perkampungan Intan Jaya - Jubi/Arnold Belau
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Sebagian besar kampung di delapan distrik yang ada di Kabupaten Intan Jaya, Papua akan menggunakan noken pada pelaksanaan pilkada, 15 Februari mendatang.

Ketua KPUD Intan Jaya, Linus Tabuni mengatakan, dari delapan distrik, 97 kampung di kabupaten itu, sebagian besar masih akan menggunakan sistem noken.

"Mau bilang sistem noken atau ikat sama saja. Hampir semua kampung di setiap distrik. Hanya ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Distrik Sugapa, ibu kota kabupaten yang tidak pakai sistem noken. TPS itu hanya ada dikurang lebih lima kampung. Yang lain ikat," kata Linus di Kota Jayapura, Kamis (19/1/2017).

Namun Ketua KPUD Intan Jaya dua periode itu tak menyebut kampung mana saja di Distrik Sugapa yang sudah tak menggunakan sistem noken. Tapi kata dia, tugas pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bagaimana dari lima kampung bisa menjadi enam atau tujuh desa yang memakai sistem pencoblosan nasional.

"Pelan-pelan. Kami tetap berusaha. Memang tak mudah langsung mengubah itu. Harus kerja keras. Apalagi ini kabupaten baru. Tingkat pemahaman masyarakat terus berporses dan sesuai perkembangan di daerah," ucapnya.

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Intan Jaya pada pilkada mendatanga kata Linus, sebanyak 79.337. Jumlah itu meningkat kurang lebih 600 pemilih dibanding ketika Pilpres lalu.

"Hanya saja saya belum lihat data berapa total surat suara yang dicetak. Itu ada di sekretaris. Surat suara dicetak di Makassar, Sulawesi Selatan. Kemungkinan sudah tiba di Nabire pada 20 Januari mendatang," katanya.

Sementara komisioner KPU RI, Ida Budiarti seperti dikutip dari berbagai media mengatakan, pihaknya sedanga mengindentifikasi wilayah mana saja di Papua yang tercatat pernah menggunakan sistem noken.

"Penggunaan sistem noken di Papua akan tetap difasilitasi saat pilkada serentak 2017. KPU tidak akan menerapkan sistem noken di daerah yang tidak memiliki sejarah menggunakan sistem tersebut," kata Ida belum lama ini.

Menurutnya, keputusan KPU mengenai penggunaan sistem noken mengacu pada putusan MK yang menyatakan noken merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Papua yang harus dihormati dan dihargai. (*)

Sebelumnya

Warisan leluhur, ternak babi harus dipertahankan

Selanjutnya

Protes temannya ditahan dan terluka, puluhan pemuda datangi Polsek Moanemani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua