PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Dua kabupaten jadi contoh pembangunan toko tani
  • Sabtu, 21 Januari 2017 — 11:48
  • 1015x views

Dua kabupaten jadi contoh pembangunan toko tani

"Kedepannya kami akan kembangkan TTI di beberapa kabupaten dengan tujuan untuk menekan harga dan mendistribusikan beras di kabupaten sekitar," katanya.
Ilustrasi Toko Tani Indonesia - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Dua kabupaten di Papua, yakni Kabupaten Merauke dan Jayapura telah ditetapkan sebagai daerah percontohan (pilot project) pembangunan dua Toko Tani Indonesia (TTI).

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Papua, Roberth Eddy Purwoko mengatakan pembangunan TTI di Papua merupakan terobosan baru Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan guna memangkas rantai pasok.

"TTI ini merupakan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM), dan lebih fokus pada komoditas yang diunggulkan, yakni beras," kata Purwoko kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (20/1/2017).

Ia menjelaskan, kehadiran TTI untuk menekan harga kebutuhan masyarakat. Dimana program ini kerja sama dengan Gerakan Kelompok Tani (Gapoktan) Indonesia.

"Ini jelas sebagai langkah strategis untuk menyediakan bahan kebutuhan murah bagi masyarakat. Sebab, di TTI beras langsung dipasok dari petani.

Dengan begitu, harganya akan sesuai dengan patokan produsen," ujarnya.

Seperti TTI di Merauke, kata Purwoko, akan melayani Kabupaten Boven Digoel dan sekitarnya. Sementara di Kabupaten Jayapura akan melayani kabupaten Keerom dan sekitarnya.

"Kedepannya kami akan kembangkan TTI di beberapa kabupaten dengan tujuan untuk menekan harga dan mendistribusikan beras di kabupaten sekitar," katanya.

Dia menambahkan, TTI merupakan gabungan kelompok tani padi yang ada di suatu wilayah. "Mereka ini merupakan petani padi yang akan kita bina agar dapat mendistribusikan berasnya ke daerah-daerah terdekat," ujarnya.

Secara terpisah, Rahmat, warga Kabupaten Jayapura mengaku hadirnya toko tani cukup membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"TTI cukup membantu kami, kedepan mungkin harus lebih dikembangkan lagi sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan manfaat dari toko tani ini," kata Rahmat. (*)

Sebelumnya

Papua butuh tenaga pendamping GerbangMas

Selanjutnya

Pilih menjadi ASN, OAP "gengsi" bekerja di sektor swasta

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua