PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Otonomi
  3. BKP kembangkan KRTL dengan manfaatkan pekarangan rumah
  • Senin, 23 Januari 2017 — 17:05
  • 676x views

BKP kembangkan KRTL dengan manfaatkan pekarangan rumah

"Dengan adanya program ini tentu masyarakat tidak perlu membuat waktu, tetapi sudah terjadi di pekarangan rumah. Sementara untuk pegelolahannya kami akan lakukan pembimbingan," ujarnya.
Kebun Hipere yang dimiliki masyarakat pegunungan - Dok. Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Badan Ketahanan Pangan (BKP) dan Koordinasi Penyuluh tahun ini akan mengembangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRTL) di lima wilayah adat dengan manfaatkan pekarangan rumah.

Kepala BKP dan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Papua, Roberth Eddy Purwoko mengatakan program pengembangan KRTL merupakan program pemerintah untuk masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah.

"Hal ini kami lakukan untuk mengembangkan kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, menuju keluarga dan masyarakat yang sejahtera dengan manfaatkan pekarangan rumah," kata Purwoko kepada wartawan, di Jayapura, Senin (23/1/2017).

Menurutnya, selama ini untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga, masyarakat masih harus mengambil dari hutan. Untuk itu, dengan adanya program ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan yang ada sekitar rumah.

"Dengan adanya program ini tentu masyarakat tidak perlu membuat waktu, tetapi sudah terjadi di pekarangan rumah. Sementara untuk pegelolahannya kami akan lakukan pembimbingan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, Semuel Siriwa mengajak seluruh masyarakat Papua untuk mencintai dan mengkonsumsi pangan berbasis kearifan lokal dalam rumah tangga.

"Mari kita mencintai pangan lokal kita, sebab dengan mencintai untuk mengkomsumsi dalam rumah tangga setiap hari bahkan dalam berbagai acara pemerintah dan swasta serta masyarakat lain dapat menggunakan pangan lokal," kata Siriwa.

"Untuk itu mari kita secara serius mencintai untuk mengusahakan dan memelihara serta mengkomsumsi seluruh pangan lokal seperti ubi-ubian serta sagu," ujarnya. (*)

Sebelumnya

1267 ASN Papua tak ikut apel

Selanjutnya

2018, ESDM Papua akan anggarkan penyewaan genset

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua