Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. 25.000 warga Kabupaten Jayapura tak punya dokumen kependudukan
  • Rabu, 25 Januari 2017 — 19:02
  • 861x views

25.000 warga Kabupaten Jayapura tak punya dokumen kependudukan

“Tentu akan menjadi persoalan dalam pelaksanaan pilkada di daerah ini. Untuk itu, dalam waktu dekat sudah saya perintahkan kepada pihak terkait untuk mengurus surat domisili bagi mereka yang tidak memiliki e-KTP,” katanya kepada Jubi di Sentani, Rabu (25/1/2017).
Ilustrasi E-KTP - Dok. Jubi
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor :

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Sekitar 25.000 orang di Kabupaten Jayapura tak memiliki dokumen kependudukan seperti e-KTP.

Hal ini terungkap dari laporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukukcapil) Kabupaten Jayapura dalam rapat evaluasi Pemerintah Daerah menjelang pilkada serentak, 15 Februari 2017.

Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jayapura, Nicolaus Wenda mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya memberikan surat keterangan domisili bagi mereka yang tak punya dokumen tersebut.

“Tentu akan menjadi persoalan dalam pelaksanaan pilkada di daerah ini. Untuk itu, dalam waktu dekat sudah saya perintahkan kepada pihak terkait untuk mengurus surat domisili bagi mereka yang tidak memiliki e-KTP,” katanya kepada Jubi di Sentani, Rabu (25/1/2017).

Ia menegaskan, warga yang menetap di daerah ini harus memiliki dokumen kependudukan yang jelas. Oleh karena itu, pihak terkait harus menyosialisasikan ke tiap distrik terkait data kependudukannya.

“Sekalipun distrik terjauh, hal ini harus dilakukan, karena mereka juga adalah bagian dari daerah ini, dan wajib memiliki dokumen kependudukan yang jelas,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura, Albert mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada 25 Februari mendatang sebanyak 132.094, ditambah 2,5 persen surat suara tambahan. Dengan demikian kertas suara berjumlah 135.006 lembar.

Lanjut Albert, pihaknya telah mengirim semua data kependudukan ke pusat di Jakarta, lalu data tersebut diberikan kepada KPU.

Ia juga menyebutkan, jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4)  kabupaten ini berjumlah 161 ribu lebih.

“DPT kita 132.094, sementara DP4 161 ribu lebih. Berarti ada selisih 25 ribu jiwa yang belum memiliki dokumen kependudukannya. Tentu kita akan mengeluarkan surat domisilinya, karena ini masih berhubungan dengan data yang belum sempurna. Artinya, ketika warga kita yang mutasi ke tempat lain atau sebaliknya penduduk yang baru masuk belum melapor kepada kami,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Puluhan petani kakao di Kabupaten Jayapura ikuti lomba

Selanjutnya

Kertas suara pilkada Kabupaten Jayapura mulai dilipat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua