PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Kesulitan air bersih, warga Nggolar konsumsi air rawa
  • Kamis, 26 Januari 2017 — 10:42
  • 774x views

Kesulitan air bersih, warga Nggolar konsumsi air rawa

Tokoh Masyarakat Nggolar, Soter Nauce kepada Jubi Rabu (25/1/2017) menuturkan, pada musim kemarau, masyarakat setempat yang berjumlah kurang lebih 80-an kepala keluarga, sangat kesulitan mendapatkan air minum.
Masyarakat Kampung Nggolar, Distrik Merauke -Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Merauke, Jubi - Warga Kampung Nggolar, Distrik Merauke kerap kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Nggolar mengonsumsi air rawa. Karena untuk mendapatkan air bersih, mereka harus ke Wasur yang berjarak 9 kilometer dari kampung tersebut.

Tokoh Masyarakat Nggolar, Soter Nauce kepada Jubi Rabu (25/1/2017) menuturkan,  pada musim kemarau, masyarakat setempat yang berjumlah kurang lebih 80-an kepala keluarga, sangat kesulitan mendapatkan air minum.

“Memang ada satu kubangan di rawa yang digunakan masyarakat untuk memasak maupun minum. Hanya saja, air rawa tersebut, telah berubah warnanya akibat sapi berkeliaran sekitar. Sehingga tak layak lagi  dapat dikonsumsi,” katanya.

Solusi lainnya adalah menyewa motor untuk mengambil air ke Kampung Wasur. “Kesulitan yang dihadapi masyarakat adalah air bersih, apalagi saat datang musim kemarau,” tuturnya.

Diakui beberapa tahun silam, masih ada perhatian besar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke yang mendistribusikan air bersih dengan mobil tangki, namun kini tidak ada lagi.

“Kita sangat berharap agar pemerintah setempat memberikan perhatian kepada masyarakat asli Papua yang tinggal di daerah pinggiran. Karena banyak kesulitan dihadapi,” ujarnya.

Kepala Distrik Merauke, Hasan matdoan mengakui ruas jalan menuju kampung Nggolar belum dibuka.

“Akihirnya kami agak kesulitan menjangkau kampung tersebut. Apalagi kalau datang musim hujan, kendaraan roda dua maupun empat, sulit melintas,” ujarnya. (*)

Sebelumnya

Bulog sub divre Merauke target beli 35.500 ton beras

Selanjutnya

PN Merauke sidang ratusan orang

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua