Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Pastikan perbaikan kabel FO, Pemprov Papua kunjungi Kapal Nusantara Explorer
  • Minggu, 29 Januari 2017 — 09:08
  • 1598x views

Pastikan perbaikan kabel FO, Pemprov Papua kunjungi Kapal Nusantara Explorer

"Kami harap ini menjadi pengetahuan bagi masyarakat, karena memperbaiki kabel optik memerlukan waktu yang lama dan hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang tertentu dan tidak banyak di Indonesia termasuk kapal," kata Elia kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.
Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty (batik) saat mendengar penjelasan dari Offshore Installation Manager (OIM) Kapal CS Nusantara Explorer, Sabtu (28/1/2017) - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah memastikan, pengerjaan atau penyambungan kabel fiber optik (FO) milik PT. Telkom yang sempat putus di laut Ormu, Distrik Ravenirara, Kabupaten Jayapura akibat gempa telah selesai dikerjakan dan sudah beroperasi secara normal.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty menekankan, sejak Sabtu (28/1/2017) semua hubungan komunikasi (telepon seluler dan internet) sudah kembali normal. Loupatty bahkan mengunjungi Kapal Nusantara Explorer yang menangani gangguan kabel fiber optik untuk memastikan jalannya perbaikan.

"Kami harap ini menjadi pengetahuan bagi masyarakat, karena memperbaiki kabel optik memerlukan waktu yang lama dan hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang tertentu dan tidak banyak di Indonesia termasuk kapal," kata Elia kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Ia mengatakan, dengan selesainya perbaikan kabel optik, diharapkan masyarakat dapat kembali menggunakan jaringan telepon dan internet seperti sedia kala.

"Kami berharap tidak terjadi lagi seperti sebelum-sebelumnya," ucapnya.

Menurut Elia, di bawah laut Jayapura hingga Sarmi sebagian dipenuhi lava, besar kemungkinan ada bukit atau gunung yang tinggi dibawah laut bahkan ada yang mencapai empat kilo meter.

Meskipun demikian, pihaknya mengapresiasi PT Telkom melalui anak perusahaan PT Telkominfra yang dengan segala upaya mampu menuntaskan perbaikan kabel optik dengan baik.

"Mereka mampu mengerjakan dengan baik dan menggunakan bahan dengan kualitas nomor satu, tidak ada yang imitasi (KW)," katanya.

Ditempat yang sama, General Manager PT Telkom Witel Papua, Lonely Baringin mengatakan dengan selesainya perbaikan maka jaringan telepon seluler dan internet telah kembali normal.

"Sekarang masyarakat bisa kembali menggunakan jaringan internet seperti biasa," kata Lonely.

Secara terpisah, Antonius, warga Kelurahan Bhayangkara, Kota Jayapura, Papua mengaku jaringan kabel FO sudah dirasakan mulai membaik dan normal sejak dua hari yang lalu, dan itu sesuai dengan janji yang dilayangkan pihak Telkom melalui secarik kertas.

"Memang sejak kemarin jaringan sudah membaik, tapi ada surat edaran melalui facebook ataupun media sosial lainnya yang mengatakan akan ada perbaikan kembali. Tentu kami pengguna Telkom sangat resah akan info itu, dan berharap itu tidak terjadi," kata Antonius.

Untuk itu dirinya berharap, kejadian putusnya kabel FO yang terjadi berulang kali tidak terjadi lagi. Pasalnya sebagian besar masyarakat Papua menggunakan jaringan Telkom untuk berkomunikasi dan melakukan pekerjaan sehari-hari.

"Sebagai pengguna, kami minta pihak Telkom lebih intens mengecek keberadaan kabel FO yang ditaruh di bawah laut, sehingga kejadian seperti ini tidak kembali terulang dan merugikan masyarakat," tutupnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemprov Papua imbau warga jangan percaya berita “hoax” soal kabel optik

Selanjutnya

OAP di wilayah pegunungan paling butuh rumah layak huni

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe